Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech

Reviu Laporan Keuangan KPU Provinsi Sumatera Selatan

25 Jul 2017
104 times

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan pada hari ini Selasa, tanggal 25 Juli 2017 mengadakan kegiatan Reviu Laporan Keuangan Semester I Tahun 2017 se Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Naafi, Plt. Sekretaris Hj. Haslinda, Kabag dan Kasubbag serta Para Operator SAIBA dan Operator SIMAK BMN KPU Kabupaten/Kota Se Sumatera Selatan. Narasumber pada acara ini dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan yaitu : Irmala Sukmawati H, M. Iqbal Gazali dan Erwin Suryanto.

Laporan Kegiatan disampaikan oleh Plt. Sekretaris Hj. Haslinda, yang laporannya menyampaikan “ bahwa kegiatan Reviu Laporan Keuangan Semester I Tahun 2017 se Provinsi Sumatera Selatan ini akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 25 s.d 26 Juli 2017 , di Ruang Rapat KPU Provinsi Sumatera Selatan, dan menggunakan dana APBN 076. Beliau jg  mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ini satker KPU Kabupaten/kota se Sumsel dapat, membuat laporan keuangan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku serta menyampaikan ke KPU Provinsi dengan tepat waktu.”

Sebelum membuka acara Komisioner KPU Provinsi Sumsel  Ahmad Naafi, dalam sambutannya beliau mengatakan: “ bahwa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaraan Negara, KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota berkewajiban menyusun dan menyampaikan Laporan Keuangan. KPU Provinsi dan KPU Kabuapten/kota merupakan instansi vertikal maka KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota perlu menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), Laporan Posisi Anggaran dan Kas (LPAK) serta tembusan Laporan  Realisasi Anggaran ke KPU selambat-lambatnya tanggal 10 bulan berikutnya.”

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan “bahwa Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 yang diperbarui dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Sistem Akuntansi Pemerintahan. Diharapkan kepada satker KPU se Provinsi Sumsel dalam pembuatan laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi pemerintahan yang dulunya berbasis kas menjadi berbasis akrual, yang mulai diberlakukan pada Tahun Anggaran 2015. Dengan adanya reviu ini diharapkan data keuangan yang disampaikan satker lebih akurat, transparan, akuntabel dan tepat waktu, agar dapat mencapai target laporan yang WTP pada tahun mendatang". (Emy)

Rate this item
(0 votes)
Super User

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Website: sumsel.kpu.go.id/

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech