Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech

Hadar: Pilkada Satu Pasangan Calon Juga Punya Alternatif Pilihan

29 Jan 2017
335 times

Tebing Tinggi,kpu.go.id- Pemahaman masyarakat yang menilai bahwa Pemilihan Kepala Daerah dengan satu Pasangan Calon (Paslon)  tidak memenuhi  aspirasi mereka, padahal pada kenyataanya pemilihan dengan satu Paslon masih punya alternatif lain dalam pelaksanaannya, Minggu (29/1).

“Masyarakat perlu datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memahami bahwa dengan pemilihan satu Paslon mereka juga masih mempunya alternatif pilihan, yakni memilih dan tidak memilih,” terang Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hadar Nafis Gumay.

Hadar mengungkapkan, jika pada tanggal 15 Februari mendatang diperoleh suara terbanyak adalah Paslon, maka Paslon tersebut akan memimpin kota Tebing Tinggi selama 5 Tahun mendatang, namun jika yang memperoleh suara terbanyak adalah kotak kosong maka akan dilakukan pemilihan ulang pada tahun 2018.

Selain Kota Tebing Tinggi, masih ada 8 daerah lagi yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada tanggal 15 Februari 2017 dengan satu pasangan calon, kondisi ini memang tidak biasa, namun pelaksanaannya sudah diatur dalam peraturan .

Hadar kembali mengingatkan, bahwa pemilih yang datang ke TPS bisa menentukan pilihannya dengan mencoblos gambar Paslon apabila setuju, dan mencoblos kotak kosong apabila tidak setuju. “Jangan salah sangka, apabila pasangan calon tidak sesuai dengan pilihannya bukan berarti masyarakat tidak datang ke TPS,” terang Hadar.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Daerah Calon Tunggal di Kota Tebing Tinggi dihadiri oleh seluruh Panitia Pemungutani tingkat Kecamatan (PPK) dari 5 kecamatan serta anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan, selain itu tampak Kepala  Polisi Resort (Kapolres)  Kota Tebing Tinggi, Komendan Distrik Militer (Dandim) dan seluruh anggota KPU Provinsi Sumatera Utara.

Hadirnya simulasi ini diharapkan membuka wawasan baru bagi masyarakat maupun penyelenggara terhadap proses demokrasi dengan calon tunggal,  oleh karenanya menjadi kewajiban bagi KPU daerah yang menyelenggarakan untuk dapat mensosialisasikan proses pemungutan tersebut. (ajg/dam/red. FOTO KPU/dam/Humas)

Rate this item
(0 votes)
Super User

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Website: sumsel.kpu.go.id/

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech