Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech

Antisipasi Pemalsuan, Surat Suara Pilkada Sumsel Dipasang Pengaman Rahasia

24 Apr 2018
62 times

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Guna mengantisipasi terjadinya pemalsuan surat suara, KPU Sumsel akan menyematkan pengaman  berupa hurupf tenggelam atau mikroteks di setiap surat suara Pemilihan Gubernur Sumsel 2018.

Ketua KPU Sumsel Aspahani menjelaskan, setiap surat suara akan diberi tanda khusus yang rahasiakan dan hanya KPU yang mengetahui posisinya. Hal ini akan menjadi pembeda bila terjadi pemalsuan surat suara.

"Tapi kita berharap pemalsuan surat suara tidak terjadi di Sumsel," ungkapnya saat Rapat Koordinasi Desain Surat Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018 di Ruang Rapat KPU Sumsel, Senin (23/4/2018) 

Dia melanjutkan, Rapat Koordinasi untuk desain surat suara perlu dilakukan agar paslon mengetahui ukuran sesuai aturan KPU Nomor 43 Tahun 2018 Tentang Desain Surat Suara.

Pihaknya juga ingin mengevaluasi apakah foto yang diberikan Paslon untuk dimasukkan ke surat suara sudah sesuai aturan atau belum. “

"Surat suara nanti berisi foto, nama dan nomor paslon. Bentuknya memanjang horizontal dengan ukuran 36 kali 23 centimeter. Tidak boleh ada atribut partai atau pin. Foto calon hanya boleh pakai atribut kacamata dan peci,” paparnya.

Aspahani menambahkan,  sesuai dengan angka DPT, surat suara Pilgub Sumsel akan dicetak sejumlah 5.792.956 lembar ditambah surat suara cadangan 2,5 persen dari DPT.

KPU RI telah menunjuk percetakan PT Temprina sebagai pemenang tender di ekatalog. Pencetakan surat suara akan dimulai minggu pertama Mei 2018

"10 Mei kontraknya dan diperkirakan selesai dicetak 10 Juni,” ucapnya. (Mha/kpu-sumsel/hupmas)

Rate this item
(0 votes)
Super User

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Website: sumsel.kpu.go.id/

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech