Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech

34 dari 42 Bakal Calon DPD Sumsel, Lolos Pemberkasan Dukungan

29 Apr 2018
142 times
Palembang, sumsel.kpu.go.id - KPU Sumsel telah menyelesaikan pemeriksaan berkas dukungan E-KTP untuk bakal calon anggota DPD RI asal Sumsel. Dari 42 yang mengambil formulir, hanya 34 bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat pemberkasan dengan minimal 3.000 jumlah dukungan dan mendapat tanda terima dari panitia.
Sementara itu, lima  bakal calon tidak bisa lanjut ke tahap verifikasi selanjutnya karena tidak melengkapi Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) dan tiga bakal calon lainnya kurang kelengkapan syarat hard copy dan tidak membubuhi tanda tangan pada lampiran model F1.
Komisioner KPU Sumsesel Divisi Hukum, Alexander Abdullah didampingi Kepala Bidang Hukum Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Sumsel Abdullah mengatakan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 dan tahapan jadwal pencalonan Anggota DPD untuk Pemilu 2019. 
 
Usai penyerahan syarat dukungan yang dilakukan 22-26 April, sekarang ini memasuki tahapan verifikasi administrasi dan analisa. Bukti dukungan e-KTP yang diserahkan bakal dicek secara acak dengan mengambil sampel 10 persen dukungan, 27-10 Mei 2018.
 "Jika ditemukan kegandaan, Balon DPD akan mendapat penalti atau pengurangan jumlah dukungan sebesar 50 KTP per tiap satu temuan atau kasus," katanya
Dia mencontohkan, untuk kegandaan internal, jika seorang pemberi dukungan namanya ditemukan sampai tiga kali, maka dari tiga nama itu hanya diambil satu yang sah sebagai dukungan, sisanya (dua nama yang sama) dikenai sanksi. "Maka balon DPD tersebut akan dikurangi jumlah dukungannya menjadi 100 KTP (2x50)," ungkapnya. Sementara di kegandaan eksternal, jika ada satu orang ditemukan dukungannya lebih dari satu Balon DPD, maka KPU akan klarifikasi lebih dulu dukungan orang tersebut, dan mau memberikan dukungannya kepada Balon DPD yang mana.

"Sesuai aturan PKPU nomor 7 tahun 2017,  diberi kesempatan untuk memperbaiki itu," katanya. (Mhq/kpu-sumsel/Hupmas)

Rate this item
(1 Vote)
Super User

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Website: sumsel.kpu.go.id/

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech