Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech

Foto paslon disurat suara tidak boleh ada ornamen

30 Apr 2018
132 times

PALEMBANG, sumsel.kou.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menggelar koordinasi dengan empat pasangan calon gubernur Sumsel terkait design surat suara yang akan digunakan pada Pilkada Sumsel 27 Juni 2018 mendatang.


Rapat kordinasi tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Sumsel Aspahani didampingi komisioner KPU Divisi Hukum Alexander Abdullah, komisioner divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naffi, Komisioner Diviisi teknis Liza Lizuarni serta Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Heni Susantih, Senin (30/4/2018).


Dalan kata sambutannya, ketua KPU Sumsel Aspahani menjelaskan, design surat suara pemilihan gubernur maupun bupati,  secara teknis telah diatur dalam peraturan KPU nomor 43/hkm03-kpt/03/kpu/III/2018.

"Di aturan tersebut sebenarnya sudah sangat detil, mulai dari ukuran, warna dan lain-lain, tapi tetap harus kita sepakati bersama seperti apa surat suara yang akan dicetak nanti," jelasnya.


Terutama untuk masalah foto pasangan calon di surat suara yang  sempat menjadi pembahasan alot pada pertemuan  terkait design surat suara sebelumnya.


 "Tidak perlu ribet untuk menyikapi persoalan ini,  kita kembalikan sjaa ke aturan baku," tegas Aspahani.


Dalam aturan tersebut menjelaskan,

foto pasangan calon menggunakan foto berwarna dengan latar belakang bendera merah putih berkibar. Kemudian, foto pasangan calon dibuat secara berpasangan, tidak memakai ornamen

gambar atau tulisan selain yang melekat pada pakaian yang dikenakan pasangan calon, dan tidak memakai ornamen yang dilarang undang-undang.


Di aturan tersebut juga dijelaskan, nama pasangan calon pada surat suara harus sesuai dengan nama pasangan calon yang tercantum dalam Daftar Calon Tetap. "Tapi kita sudah sepakati untuk nama pasangan calon tidak memasukkan gelar, kecuali gelar haji. Untuk pastinya kita akan adakan pertemuan lagi 4 Mei mendatang, melihat design surat suara tahap akhir, sekaligus melakukan penandatanganan kesepakatan bersama," katanya.


Sementara itu komisioner KPU Sumsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naffi menambahkan, ini adalah informasi awal, beberapa argumen dari tim pasangan calon akan menjadi masukan untuk menetapkan design surat suara.

"Pada PKPU nomor 43 memang ada larangan memakai ornamen, dan secara lisan  kami menilai, tidak ada satupun foto pasangan calon mengandung ornamen. Tapi, kami akan konsultasi dengan KPU RI apa sebenarnya yang dimaksud dengan ornamen dalam aturan itu," katanya.


Komisioner KPU Sumsel divisi Hukum, Alexander menimpali, pada prinsipnya setiap tim pemenangan pasangan calon silahkan mencermati dan mengoreksi foto pasangan calon nya masing-masing. 

"Apakah sudah sesuai dengan ataran atau belum, pastinya kita harus mengikuti aturan. Kalaupun ada yang perlu diubah silahkan diusulkan," singkatnya.


(Mhq/kpu-sumsel/hupmas)

Rate this item
(1 Vote)
Super User

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Website: sumsel.kpu.go.id/

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech