Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: December 2017
Sunday, 31 December 2017 17:23

Lahat gelar Launcing Pilkada

LAHAT, sumsel.kpu.go.id - Dipenghujung tahun 2017, KPU Kabupaten Lahat, menggelar launching pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Lahat serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan 2018, acara launching tersebut digelar di gedung olah raga Lahat, Minggu (31/12/2017).

Acara launching berlangsung dengan lancar dan diawali tarian khas dari kabupaten lahat, acara ini dihadiri oleh ketua dan anggota kpu provinsi sumatera selatan, bupati lahat saifudin aswari dan juga dihadiri ketua dan anggota KPU kab/kota se-sumatera selatan, kepolisian, TNI, anggota PPK dan PPS, pengurus dan anggota partai Politik di Kabupaten Lahat , serta tamu undangan lainnya (an)

Published in Teknis dan Hupmas

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Sabtu (30/12/2017), Mahasiswa FISIP UIN Raden Fatah melaksanakan kuliah UMUM di KPU Provinsi Sumatera Selatan,dengan mata kuliah politik Indonesia, Materi Pemilu dan Demokrasi secara Praktek (Simulasi), adapun alasan diadakannnya kuliah di KPU Provinsi Sumatera Selatan yaitu sebagai pelaksanaan dari MoU antara UIN Raden Fatah dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan, terutama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sebagai kelengkapan materi kuliah Politik Indonesia dan motivasi bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat khususnya dalam Pilkada  2018 dan Pemilu 2019, Kuliah umum ini juga menjadi bagian dari kuliah akhir semester yang berakhir pada tanggal 30 Desember 2017.

Aspahani selaku ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan memberikan kata sambutan dan membuka secara langsung acara tersebut, dalam sambutannya Beliau mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik kuliah luar kampus seperti ini, karena dengan diadakannya kuliah seperti ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan mahasiswa, dan diharapkan juga dapat meningkatkan partisipasi  Pemilih Pemula nantinya, peran serta mahasiswa dapat memberikan kontribusi dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang utuh terhadap penyelenggaraan pemilu sebagai modal dalam melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan juga memberikan materi tentang kesiapan berbagai aspek, mekanisme, sistem dan aturan perundang – undangan dalam menghadapi Pilkada 2018.

Andi Candra Jaya, SH,M.Hum selaku Kepala Program Studi Ilmu Politik dari Universitas Raden Fatah Palembang mengucapkan terima kasih  karena mahasiswa dapat melaksanakan kuliah umum di Kantor KPU Provinsi Sumatera Selatan dimana mahasiswa bisa mendapatkan materi langsung dari Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan dan diajarkan  mengenai tentang kepemiluan, dan diharapkan nantinya mahasiswa dapat berpartisipasi pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, dan Beliau menambahkan semoga kerja sama ini akan terus berlanjut.

Materi Penyelenggara Pemilu disampaikan oleh Liza Lizuarni  selaku Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan dan diakhir kegiatan Beliau mengajak para mahasiswa ikut serta dalam simulasi Pemungutan dan penghitungan suara, simulasi dilaksanakan seperti halnya pemungutan dan penghitungan suara sebenarnya dengan petugas dan pemilih dari sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan dan juga mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Raden fatah Palembang (an)

 

 

Published in Teknis dan Hupmas
Saturday, 30 December 2017 13:03

Rakor Pengelolaan Dokumentasi PAW

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Sabtu (30/122017) KPU Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Dokumen Penggantian Antar Waktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Rakor dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Aspahani didampingi Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan, Kabag Hukum Teknis dan Hupmas, Kasubbag dan sekretariat di jajaran KPU Provinsi serta Sekretariat dari DPRD Provinsi Sumatera Selatan, dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan mengatakan bahwa KPU RI telah mengeluarkan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2017 sebagai pedoman dalam proses PAW Anggota DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/Kota, dan diharapkan dengan diadakannya Rakor ini kiranya bisa menyatukan persepsi dan pemahaman dengan pengelola dokumen yang berkaitan dengan proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Liza Lizuarni selaku Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan materi mengenai substansi perubahan peraturan KPU mengenai Penggantian Antarwaktu Anggota DPR, DPD dan DPRD serta mekanisme dan prosedur penggantian antar waktu, dan Beliau menambahkan bahwa proses antar waktu ini sudah menggunakan Aplikasi sistem penggantian Antarwaktu ( SIMPAW) sesuai dengan pasal 29 PKPU Nomor 6 Tahun 2017 (an)

Published in Teknis dan Hupmas
Friday, 22 December 2017 00:13

Bimtek Sinkronisasi dan Simulasi

Palembang, sumsel,kpu,go,id - Bimbingan Teknis (Bimtek) Simulasi dan Sinkronisasi tugas-tugas PPK dan Panwaslu dibuka langsung oleh ketua KPU Sumatera selatan H. Aspahani, bertempat di hotel Horison Ultima, Jl. Sudirman Palembang, Kamis (21/12/2017). Sebanyak 234 bimtek tersebut dihadiri 234 Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Sumsel, ketua panwaslu se-Sumatera Selatan serta ketua dan Sekretaris KPU Kab/Kota se-Sumatera Selatan, bimtek tersebut berlangsung selama 3 hari (21 s.d 23).

dalam sambutannya ketua KPU Sumsel menyampaikan betul-betul menjaga integritas, perilaku dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 ini, jangan sampai ada terjadinya kecurangan-kecurangan dalam hal rekapitulasi.

"saya mencontohkan Pileg 2014 kemarin terjadi di salah satu kecamatan, mengubah rekapitulasi yang diserahkan kepada saksi diserahkan kepada panwas berbeda dengan yang dia masukkan kedalam kotak, dan saat itu tahapan langsung diambil alih KPU Sumsel. praktek-praktek seperti itu kedepannya akan sangat berbahaya sekali karena dari unsur kepolisian akan siap mengejar, membantu dalam hal membongkar praktek kecurangan itu." Ujarnya

bimtek tersebut dilanjutkan dengan pengisian materi yang disampaikan komisioner KPU Sumsel Ahmad naafi yang membidangi divisi SDM dan Parmas, Alexander Abdullah Divisi Hukum, Heny Susantih Divisi Perencanaan dan Data. (emy)

Published in SDM
Wednesday, 20 December 2017 21:45

Rakor Teknis Pemilihan Tahun 2018

Jakarta, sumsel.kpu.go.id - Rabu (20/12/2017), KPU RI Menggelar Rapat Koordinasi Teknis Pemilihan Tahun 2018 sehubungan  dengan persiapan pelaksanaan beberapa sub tahapan Pencalonan antara lain pendaftaran, penelitian syarat pencalonan dan syarat calon, penelitian dokumen dukungan perbaikan pasangan calon perseorangan, serta tahapan pemungutan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Tahun 2018.

Rakor digelar selama 3 ( tiga)  hari, dari tanggal  20 s.d 22 Desember 2017 di Hotel Swiss Bell Jakarta, Arief Budiman Ketua KPU RI memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara Rakor tersebut, dalam sambutannya Beliau berpesan bahwa KPU harus memberikan contoh untuk tepat waktu dalam segala kegiatan, karena dengan tepat waktu semua tahapan pemilu bisa berjalan dengan lebih  baik, dan Beliau mengingatkan kembali bahwa KPU tidak ada lagi hari libur karena banyak tahapan yang memang harus segera disiapkan dan dilaksanakan.

Peserta Rapat koordinasi 3 ( tiga) orang dari masing – masing KPU Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota  yang terdiri dari 1 (satu) orang anggota KPU Provinsi, 1 (satu ) orang Kepala bagian Hukum,Teknis, dan Hupmas KPU Provinsi, Kepala Sub Bagian Teknis KPU Kabupaten/Kota, serta 1 (satu) orang operator KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang bertugas memproses kegiatan Pencalonan melalui Sistem Informasi Pencalonan ( SILON).   

Hari pertama Rakor setelah pembukaan peserta diberikan materi Overview Tahapan Teknis  Pilkada 2018 pelaksanaan Tahun 2018 dan tahapan Teknis Pemilu 2019 serta sosialisasi petunjuk Teknis standar Pemeriksaan kesehatan Pilkada 2017.

Pada Hari Kedua dan ketiga peserta dibagi menjadi 5 (lima) kelas dengan masing – masing materi yang berbeda, yaitu materi untuk kelas A adalah Persiapan tahapan pendaftaran dan penelitian syarat pencalonan dan syarat calon, Kelas B Penjelasan perubahan Substansi Tungsura dan Rekap Pilkada 2018, Kelas C  Pengelolaan Data Teknis Pilkada 2018 ( SILON dan SITUNG), Kelas D dan kelas E Pendalaman SILON tahapan pendaftaran, penelitian, dan perbaikan dukungan (an)

 

Published in Teknis dan Hupmas

Sekayu, sumsel.kpu.go.id - Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Operator se-Kabupaten Musi Banyuasin Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Acara dilangsungkan selama 2 (dua) hari pada tanggal 19-20 Desember 2017 bertempat di Wisma Atlit Kabupaten Musi Banyuasin yang dihadiri oleh 84 Orang PPK dan Operator PPK Kabupaten Musi Banyuasin, Narasumber dari Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Komisioner Kabupaten Musi Banyuasin dan seluruh Staf KPU Kabupaten Musi Banyuasin.

Ibu Heny Susantih selaku Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan yang menjadi narasumber pada acara tersebut menyampaikan mengenai Rincian Kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada Serentak Tahun 2018. Dimana beliau menjelaskan secara rinci mengenai tugas-tugas PPK, PPS dan PPDP sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2017. Dimulai dari proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh PPDP hingga Penetapan DPT, data Pemilih Tambahan, dan Pemilih Pindahan. Beliau juga berharap integritas dari rekan-rekan penyelenggara untuk berkomitmen bekerja secara optimal untuk menyukseskan Pilkada Tahun 2018.

Adapun tujuan dari dilaksanakan Bimbingan Teknis kepada PPK ini adalah sebagai upaya untuk Membekali PPK dan Operator Kabupaten Musi Banyuasin dalam proses pemutakhiran data pemilih yang transparan, valid dan akuntabel. Agar dapat menghasilkan Daftar Pemilih yang Berkualitas. (Diana)

Published in Program dan Data

Muara Rupit, sumsel.kpu.go.id - Selasa (19/12/2017) komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik berkunjung ke KPU Kabupaten Musi Rawas dalam rangka melaksanakan supervisi dan monitoring penyusunan dapil di KPU Musi Rawas. Hadir dalam kegiatan tersebut komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan ibu Liza Lizuarni dan ibu Heny Susantih dan komisioner KPU Kota Lubuk Linggau dan KPU Musi Rawas Utara.


Dalam arahannya Ibu Evi Novida Ginting Manik meminta KPU Kabupaten / Kota di SumSel dalam penyusunan Dapil memperhatikan masukan-masukan dari partai politik dan para stakeholder setempat.

Published in Teknis dan Hupmas

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Sosialisasi UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum tahun 2019 diselenggarakan oleh KPU Provinsi Sumatera Selatan  di Hotel Emilia Jl. Letkol Iskandar Palembang, pada hari Selasa (19/12/2017), Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan Partai, Ormas, MUI, Media dan Komunitas Peduli Pemilu.

Alexander Abdulah selaku anggota Komisioner KPU provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini memberikan kata sambutan sekaligus Membuka Acara sosialisasi dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa sosialisasi uu nomor 7 tahun 2017 ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pemahaman kepada masyarakat sehingga penyelenggaraan pemilu nantinya lebih baik dan lebih berkualitas. Sosialisasi ini juga nantinya diharapkan dapat menciptakan persamaan persepsi dalam Sosialisasi Pemilu tahun 2019 dan mengajak semua lapisan masyarakat se-Sumatera Selatan berperan aktif dalam pelaksanaan Sosialisasi pemilu tahun 2019 Sehingga bisa meningkatkan partisipasi masyarakat.

Ada 3 materi yang diberikan oleh narasumber yaitu mengenai materi tentang membedah UU Pemilu yaitu uu no. 7 tahun 2017 yang disampaikan Anggota Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Naafi, materi mengenai eksistensi Bawaslu Provinsi dalam tugas, kewenangan dan penyelesaian sengketa proses pemilu Berdasarkan uu no 7 tahun 2017 disampaikan oleh Iwan Ardiansyah Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, dan terakhir materi yang disampaikan Husni Chandra selaku  ketua Asosiasi Advokat Indonesia Sumatera Selatan yaitu mengenai Perspektif hukum dalam tahapan Pemilu tahun 2019, dan Sebagai Moderator Benhar Dudayri dari anggota Komunitas Pemilu Demokrasi (an)

Published in Teknis dan Hupmas

PALEMBANG, Sumsel.kpu.go.id - Senin (18/12) KPU Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Rapat Koordinasi Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, dan bebas penyalahgunaan narkoba Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018, di Ruang Rapat KPU Provinsi Sumatera Selatan di hadiri oleh Ketua IDI Wilayah Provinsi Sumatera Selatan Dr. Rizal Sanif,SPOG, Ketua HIMPSI Wilayah Sumatera Selatan M. Uyun, Kasie Dayamas (Pemberdayaan Masyarakat) BNN Provinsi Sumatera Selatan Dempi Hariani, turut hadir Plt. Sekretaris Hj. Haslinda, Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan Liza Lizuarni, Heni Susantih, serta Kabag dan Kasubbag Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Liza Lizuarni Selaku Divisi Teknis Penyelenggara mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan untuk menghadiri undangan kami sebagai Rakor awal Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba dalam proses pencalonan untuk kepala daerah, berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 46 ayat 3 KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan pengurus Ikatan Dokter Indonesia, Badan Narkotika Nasional, dan Himpunan Psikologi Indonesia tingkat daerah untuk membentuk tim pemeriksa kesehatan yang terdiri atas: a. dokter; b. ahli psikologi; dan c. pemeriksa bebas penyalahgunaan narkotika, yang dapat berasal dari Badan Narkotika Nasional, Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia, dan Himpunan Psikologi Indonesia.(Meli)

Published in Teknis dan Hupmas

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Dalam rangka realisasi kegiatan pengembangan Komunitas Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Outbound  di Villa Bambu Kuning Kebun Bunga Palembang pada hari Kamis (14/12/2017).

Ahmad Naafi selaku Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Provinsi Sumatera Selatan mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan Outbound ini dapat memberikan rasa kebersamaan antara jajaran KPU Provinsi Sumatera Selatan dengan seluruh Anggota Komunitas Peduli Pemilu, sehingga dikedepannya nanti bisa terjalin kerjasama yang baik antara satu dengan lainnya.

Kegiatan outbond ini dimulai jam 09.00 Wib dengan berbagai macam games, diantaranya Samson n Delila, Jump out, Kapal goyang, pembuatan yel – yel kelompok, Racing games, flying Fox dan Paint ball

Panas matahari tidak menyurutkan semangat para peserta dalam memainkan semua game yang diberikan instrukstur, dan setiap games yang dimainkan bukan tanpa makna dan arti , seperti game Kapal Goyang dan Paint ball, permainan ini mengajarkan kepada peserta untuk berfikir dalam hal strategi dan komunikasi yang baik antar sesama anggota Tim dengan tujuan melatih membuat perencanaan yang matang serta bekoordinasi dengan tim serta melatih kemampuan mengambil keputusan yang benar benar efektif walaupun dalam keadaan dan situasi yang sangat  sulit. Outbound ini di tutup oleh Ahmad Naafi pada pukul 15.30 Wib (an)

 

 

 

Published in Teknis dan Hupmas
Page 1 of 2

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech