Selamat Datang di Website Resmi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan, website ini memberikan informasi seputar pemilihan umum di Provinsi Sumatera Selatan dipublikasikan dalam bentuk teks, video, gambar dan suara. Bagi penggguna yang berkebutuhan khusus, pengguna dapat mengklik icon di sebelah kiri atas atau memblok teks artikel untuk mendengarkan isi berita   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website Resmi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan, website ini memberikan informasi seputar pemilihan umum di Provinsi Sumatera Selatan dipublikasikan dalam bentuk teks, video, gambar dan suara. Bagi penggguna yang berkebutuhan khusus, pengguna dapat mengklik icon di sebelah kiri atas atau memblok teks artikel untuk mendengarkan isi berita Powered By GSpeech
Items filtered by date: March 2017

Palembang, sumsel.kpu.go.id – peran aparat linmas sangat penting dalam melaksanakan ketertiban umum dan ketentraman perlindungan masyaratakat, hal ini dibahas pada pertemuan atar instansi. di Palembang, Kamis (30/3/2017). Dikaitkan dengan Pemilu/Pemilukada bahwa dalam rangka mewujudkan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, perlu peranan Satuan Perlindungan Masyarakat.

Menurut Komisioner KPU Prov Sumsel Alexander Abdullah sebagai pembicara, Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memilih Gubernur, Bupati, dan Walikota secara langsung dan demokratis.

Pada saat tahap kampanye nanti peran linmas membantu dalam mengamankan dan menertibkan jalannya kampanye Pilkada, melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan timbulnya ancaman faktual yang dapat mengganggu/ menggagalkan pelaksanaan Pilkada, melakukan tindakan preemtif, preventif, dan represif dalam hal tertangkap tangan dan berkoordinasi dengan Kepolisianmelaksanakan konsolidasi dengan menyusun dan mengorganisir kembali Satuan Linmas di tingkat desa/kelurahan, kecarnatan dan kabupaten/kota, menyiagakan Satuan Limnas dan melakukan pengamatan/deteksi dini terhadap keresahan dan gejolak masyarakat”. Ujarnya

“penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah diperlukan situasi dan kondisi yang kondusif, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun” . tegasnya  (rel/ana)

Published in Teknis dan Hupmas
Thursday, 30 March 2017 14:06

Rakor Mekanisme PAW

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Kamis (30/03/17) di Ruang Rapat  kantor KPU Provinsi Sumatera Selatan diselenggarkan Rapat Koordinasi (rakor) antara KPU RI, KPU Provinsi Sumatera Selatan, KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, Pemda Provinsi, Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Selatan, dan partai politik peserta pemilu.

Rakor ini bertujuan untuk Terisinya Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan periode 2014 – 2019 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan Terbentuknya pengetahuan dan pemahaman KPU Provinsi/Partai Politik/instansi/ stakeholder lainnya terkait proses pelaksanaan PAW anggota DPR, DPD,dan DPRD terutama yang merupakan dampak dari Pilkada serentak.

Komisioner KPU RI Hasyim Ashari  yang menjadi narasumber dari KPU RI, mengatakan bahwa terkait hal-hal yang dapat menggantikan anggota partai atau anggota DPRD terdapat dua hal berheti atau diberhentikan, berhenti “meninggal dunia” sedangkan diberhentikan mencakup hal-hal teknis seperti anggota tersebut mengundurkan diri atau anggota tersebut terdapat hal-hal teknis yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan terkait pilkada dan teknis pencalonan diri sebagai kepala daerah sejak pilkada 2015 UU No. 8 tahun 2015  bagi anggota PNS, TNI/POLRI yang berkeinginan mencalonkan diri sebagai kepala daerah harus mengundurkan diri. syarat pemberhentian pejabat yang mencalonkan yaitu sudah mengisi formulir pengunduran diri dan surat pengunduran diri harus sudah ditandatangani oleh pimpinan atau yang berwenang memberhentikan dan surat pengunduran diri tersebut harus diterima KPU paling lambat 60 hari setelah penetapan calon, hal tersebut juga berlaku untuk anggota DPRD yang mau mencalonkan diri sebagai Kepala Daerah.

Terkait PAW yang terjadi di KPU Provinsi Sumatera Selatan, disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan H. Aspahani bahwa pelaksanaan Penggantian Antar waktu di Provinsi Sumatera Selatan sudah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,  dengan mewujudkan mekanisme yang baik dari waktu ke waktu untuk pilkada serentak harus sesuai dengan aturan dan juga keterbukaan transparansi di masing – masing elemen elemen pendukung lainnya.

Dilanjutkan dengan pemberian materi Liza Lizuarni Komisioner KPU Prov Sumsel Sigit Joyowardono selaku Kepala  Biro Teknis KPU RI. (rel/ana)

Published in Teknis dan Hupmas
Thursday, 30 March 2017 02:33

Lakin Jangan Sekedar Kewajiban

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Laporan kinerja dan perjanjian kerja diharapkan tidak sekedar menyampaikan kewajiban saja, namun diperoleh parameter/ukuran apakah kualitas dan kuantitasnya telah dicapai. Hal itu disampaikan ketua KPU Prov Sumsel sebelum membuka rakor penyusunan laporan kinerja tahun 2017 dan perjanjian kinerja tahun 2017 KPU Provinsi dan KPU Kabupaten /kota Se Sumatera Selatan di hotel Horison Ultima, Rabu (29/3).
Dalam sambutanya H.Aspahani mengatakan Sebagai penyelenggara pemilu, kPU memiliki kewajiban untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja dan melaporkan serta mempertanggungjawabkan kinerja instansi dengan menetapkan, mengukur dan melaporkan kinerja yang telah dicapai dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi KPU.
Secara sederhana bahwa sistem akuntabilitas kinerja pemerintah adalah satu rangkaian siklus manajemen yaitu merencanakan kinerja, merencanakan program/kegiatan, menyusun anggaran, melaksanakan program ,mengukur dan monitoring capaian dan melaporkan keberhasilan pencapaian kinerja.
Rakor yang berlangsung 29-31 Maret ini menghadirkan narasumber dari KPU RI diantaranya Endah Purnawati Kasubag Program dan Data KPU R I dihadiri sekretaris dari 17 kabupaten/kota se Sumsel dan operator.(rel/naf)
Published in Program dan Data
Wednesday, 29 March 2017 10:50

KPU Sumsel Rakor Intelkam

Published in Teknis dan Hupmas
Monday, 27 March 2017 16:12

16 DPK Resmi Pindah

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Sebagai Tindaklanjuti Surat Edaran Sekjen KPU RI Nomor 5 Tahun 2011 tanggal 9 Juni 2016 tentang Pemetaan Pegawai Pada Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota. KPU Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan Pengembalian 16 PNSi Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang di pekerjakan pada KPU Provinsi Sumatera Selatan. Ke 16 (enam belas) PNS tersebut ditugaskan di Instansi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan diantaranya 5 (Lima) orang ke Dinas Balitbangda (Badan Penelitian dan Pengembangan daerah Provinsi Sumatera Selatan, 5 (Lima) orang Ke BPMD (Badan Promosi dan Penanaman Modal), 2 (dua) orang ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, 3 (tiga) orang ke UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) Graha Teknologi Diknas Provinsi Sumatera Selatan dan 1 (satu) orang ke PU Pengairan.

Pada hari ini senin, 27 Maret 2017 dilakukan perpisahan terhadap 16 pegawai DPK tersebut, di awali dengan pengarahan dari Ketua dan Anggota Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan dilanjutkan permohonan maaf dan ucapan terimakasih atas kontribusi selama melaksanakan tugas di KPU Provinsi Sumatera Selatan.

Published in Teknis dan Hupmas
Friday, 24 March 2017 16:36

Rumah Pintar sarana informasi pemilu

Prabumulih, sumsel.kpu.go.id - kamis (23/03), KPU Kota Prabumulih meresmikan Rumah Pintar Munggah Zaman KPU Kota Prabumulih. Hadir dalam peresmian ini Komisioner KPU Kota Prabumulih, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan Liza Lizuarni, SE , Walikota Prabumulih Ir.H. Ridho Yahya,M.M , Komisioner KPU Pagaralam, Komisioner KPU Muara Enim,Komisioner KPU Pali , Sekretaris KPU Ogan Ilir, SKPD, Pelajar dari SMA Negeri 1 dan 3 Kota Prabumulih, serta undangan lainnya

Ketua KPU Kota Prabumulih Tahyul Hamid dalam sambutannya mengatakan bahwa didirikannya Rumah Pintar Munggah Zaman ini agar bisa menjadi sarana dokumentasi perjalanan KPU terutama sejarah KPU Kota Prabumulih dalam menyelenggarakan Pemilu.

Dalam sambutannya Liza Lizuarni mengatakan mudah-mudahan rumah pintar munggah Zaman ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi tentang kepemiluan dan Beliau juga berharap nantinya masyarakat yg datang ke rumah pintar ini menjadi paham, dan mengerti tentang arti  pemilu dan demokrasi. rumah pintar ini juga diharapkan  bisa menjadi ajang untuk adik – adik pelajar untuk memahami pemilu sejak dini (ana)

Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Kamis, (23/03), Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi Tim TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 23 Januari 2017 yang lalu, KPU Provinsi Sumatera Selatan membahas tindak lanjut usulan Komisi Provinsi Sumatera Selatan tentang dana hibah Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018 sebesar Rp. 441.494.984.655 acara ini bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, dipimpin langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Pada rapat koordinasi juga dihadiri oleh Kasubid (Kepala Sub Bidang) Pemerintah Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kasubid (Kepala Sub Bidang) BPKAD Provinsi Sumatera Selatan, Kaban Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan, Ketua dan Anggota Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan, Plt Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan, Kasubag Program dan Kasubag Keuangan KPU Provinsi Sumatera Selatan, dalam kesempatan tersebut  KPU Provinsi Sumatera Selatan menjelaskan rencana kerja anggaran serta rincian penggunaan anggaran yang di usulkan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2017-2018.

Published in Program dan Data
Tuesday, 21 March 2017 12:30

KUNJUNGAN KERJA ANGGOTA DPD RI

Palembang, sumsel.kpu.go.id - KPU Sumatera Selatan menerima kunjungan kerja Anggota DPD RI Komite I H. Hendri Zainuddin, S.Ag.,SH bertempat di ruang rapat KPU Provinsi Sumatera Selatan pada hari Selasa tanggal 21 Maret 2017 kunjungan diterima langsung oleh Ketua beserta Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan dan di dampingi Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan adapun kunjungan anggota DPD RI ini ke KPU Provinsi Sumatera Selatan adalah salah satu kegiatan anggota DPD RI dalam rangka melaksanakan tugas–tugas kons'tusional serta penyerapan aspirasi masyarakat daerah dalam persiapan Pilkada Tahun 2018.
 
Pada kesempatan ini Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan H. Aspahani menyampaikan kesiapan berbagai aspek ; mekanisme, system dan aturan perundang–undangan terkait Pilkada tahun 2018, dan Beliau berujar bahwa KPU Sum sel sedang berbenah diri dalam menghadapi Pilkada 2018, dan Beliau juga menyampaikan bahwa Pemilu 'dak akan sukses tanpa bantuan dari stakeholder dan pihak–pihak lainnya (ana/Mely)
Published in Teknis dan Hupmas

Sekayu, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum Daerah Musi Banyuasin (KPUD Muba) melakukan menetapkan pasangan calon Bupati da Wakil Bupati Muba H Dodi Reza Alex dan Beni Hernedi, sebagai calon terpilih pada Pilkada Muba 2017. Ketua KPUD Muba, H Ahmad Firdaus Marvels, mengatakan KPUD Muba telah melakukan rapat koordinasi dalam membahas rencana rapat pleno penetapan Paslon terpilih pada Pilkada Muba 2017.

Rapat pleno penetapan tersebut dilakukan, karena Pilkada Muba tidak termasuk dalam buku Mahkamah Konstitusi terkait registrasi permohonan perselisihan hasil pemilihan dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (PRPK), tanggal 13 Maret 2017 terhadap 50 permohonan di 47 daerah di Indonesia. "Ya, sesuai surat PKPU RI nomor 225/KPU/III/2017 tanggal 13 Maret 2017 perihal keterangan Mahkamah Konstitusi tentang permohonan perselisihan hasil pemilihan yang telah diregistrasi.

Maka kita KPUD Muba tidak termasuk dalam daerah selisih dalam Pilkada," kata Firdaus. Sambung Firdaus, bagi daerah yang tidak tercantum dalam register perkara Perselisihan Hasil Pemilihan dapat menindaklanjuti tahapan penetapan Paslon terpilih sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Muba Prop atau KPU/KIP Kab/Kota. "Karena Pilkada Muba tidak termasuk dalam daerah perselisihan Pilkada di atas, maka rapat pleno penetapan paslon terpilih dilaksanakan hari ini," tambahnya.

Sementara itu, Calon Bupati Muba terpilih, H Dodi Reza Alex, mengucapkan syukur Alhamdulillah, atas kepercayaan masyarakat Muba. Sehingga beban berat ada dipundaknya bersama Wakil Bupati Muba terpilih Beni Hernedi untuk lima tahun kedepan, dalam menjalankan roda pemerintahan. “Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Muba, untuk kepecayaannya dalam mengemban amanah, dalam membuat perubahan,” katanya di dampingi calon Wakil Bupati Muba terpilih Beni Hernedi. Sementara itu, Pj Bupati Muba H Yusnin mengucapkan terima kasih kepada KPU Muba, Panwaslu Muba serta semua yang ikut menyukseskan Pilkada Muba 2017. "Saya mewakili seluruh jajaran pemerintah kabupaten Musi Banyuasin mengucapkan terima kasih banyak kepada KPU Muba, Panwaslu Muba serta semua yang terkait karena telah menyukseskan Pilkada Muba 2017 dengan aman dan terkendali, selain itu saya sangat bangga karena Pilkada Muba satu-satunya Pilkada yang tidak masuk daftar bermasalah di Mahkama Konstitusi", Ujarnya.

Untuk diketahui, penetapan calon terpilih didasari berita acara rapat pleno KPU nomor: 32/BA/III/2017 tentang penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin tahun 2017 pada hari senin tanggal 20 Maret 2017 pukul 10:45 wib KPU Muba telah melaksanakan rapat pleno untuk menetapakan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, data yang dipergunakan dalam penetapan paslon pertama, Berita acara tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Bupati dan wakil bupati (Model DB-KWK) tanggal 23 Februari 2017. Kedua, sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan (Model DB1-KWK) tanggal 23 Februari 2017. Ketiga, keputusan KPU Muba nomor: 57/Kpts/KPU-Kab/006.435410/2017 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2017. Keempat, surat Keputusan KPU RI nomor: 225/KPU/III/2017 tanggal 13 Maret 2017 beserta lampiran. Kelima, surat MK nomor: 32/PAN.MK/3/2017 tanggal 13 Maret 2017. Maka dari itu rapat pleno KPU Muba memutuskan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Muba adalah H. Dodi Reza Alex dan Beni Hernedi. (edy)

Sumber : http://www.detiksumsel.com/ditetapkan-jadi-pemenang-dodibeni-ucapkan-terimakasih

Published in Teknis dan Hupmas
Tuesday, 21 March 2017 10:13

Penetapan Pasangan Terpilih Muba

SEKAYU, sumsel.kpu.go.id - senin (20/03) Pukul 10.30 wib bertempat di ruang media center KPU Kab. Muba,  telah berlangsung kegiatan rapat pleno terbuka calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati muba tahun 2017.
 
Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni anggota KPUD Muba, Sekretaris KPUD Muba an. NURMILA S.IP, Paslon Bupati dan Wabup Terpilih Dodi Reza Alex dan Beni Hernedi, anggota KPU Prov Sumsel Alexander Abdullah, Heny Susantih dan Liza Lizuarni, Pj. Bupati Muba Yusnin, Asisten 1 Setda Muba Ir. Rusli, Kapolres Muba diwakili Kabag Sumda Kompol Abusari, Kejari Sekayu, Dandim 0401 diwakili Kasdim Mayor Inf salahudin, Ketua dan anggota Panwas Kab. Muba, SKPD dan FKPD Muba, Ketua Partai Politik/Gabungan Parpol Pengusung, media dan tamu undangan.
 
Sambutan ketua KPU Muba ahmad fordaus marvels mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah rapat pleno terbuka calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati muba tahun 2017, dengan dasar rapat pleno penetapan dan PKPU serta surat dari MK dengan nomor 32 tahun 2017.
 
Ketua KPU muba juga menyampaikan bahwa Berdasarkan perolehan paslon dan berita acara 32/BA/III/ 2017 tentang perolehan suara terbanyak adalah paslon nomor 1 dengan jumlah 212.800 suara atau dengan persentase 78, 51%. Keputusan tersenut dituangkan dalam keputusan KPU muba nomor 84 / kpts/KPU.kab/006.435410/2017.
 
Terimakasih kepada semua pihak yg sudah turut serta mensukseskan pilkada tahun 2017, sehingga terpilih pemimpin muba dan mari kita menjaga kondisi kab. Muba ini aman dan kondisif serta netralitas yang tinggi.
 
Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan rapat pleno pentepan oleh Ketua KPU muba Ahmad firdaus marvel's yang mengatakan bahwa pada hari senin tanggal 20 maret 2017 pukul 10.45 wib rapat pleno terbuka calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati muba tahun 2017.
 
Kemudian dilanjutkan pembacaan berita acara no / 32/ BA/III/2017 tentang penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati dalam pemilihan Bupati dan wakil bupati musi banyuasin tahun 2017 dengan isi sebagai berikut :
Pada hari senin tanggal 20 Maret 2017 pukul 10.45 WIB KPU Muba telah melaksanakan Rapat Pleno untuk menetapkan pasangn calon terpilih Bupati dan wakil bupati dalam pemilihan bupati dan wakil bupati musi banyuasin tahun 2017. Data yang dipergunakan dalam penetapan pasangn calon bupati dan wakil bupati musi banyuasin tahun 2017 :
1. Berita acara tentang rekapitulasi hasil pemghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati (model DB - KWK) tanggal 23 februati 2017.
2. Sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati ( modeel.DB1-KWK) tanggal 23 februari 2017
3. Keputusan KPU Muba nomor 57/kpts/kpu-kab/006.435410/2017 tanggal 23 februari tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati musi banyuasin tahun 2017pada pemilihan tahun 2017.
4. Surat KPU RI nomor 225/KPU/III/2017 tanggal 13 maret 2017 beserta lampiranya.
5. Surat MK nomor 32/PAN.MK/III/2017 tangal 13 maret 2017.
 
Rapat pleno terbuka KPU Kab. Muba memutuskan pasangam calon terpilih Bupati dan wakil bupati musi banyuasin adalah H. DODI REZA ALEX NOETDIN dan BENI HERNEDI.
 
ketua muba ahmad firdaus marvels yang menyampaikan bahwa  Keberkahan sesuai dengan harapan dan untuk kebaiakan kita bersama dan kepada calon terpilih selamat, akan ada 2 tahapan lagi yakni DPRD Muba dan pengusulan kepada Mendagri untuk usulan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Atas nama KPU muba mengucapakan terimakasih atas dukungan dari seluruh elemen dan harapan menjadi kedepan menjadi yang terbaik. (eva)
Published in Teknis dan Hupmas
Page 1 of 2

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech