Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: April 2017
Friday, 21 April 2017 16:23

Semangat kartini KPU Sumsel

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Jum’at (21/4) jam 8.30 pagi yang cerah mewarnai kantor KPU Provinsi Sumatera Selatan,ibu – ibu di kantor sudah tampil menarik dengan berbagai design kebaya modern yang mereka kenakan. hari ini adalah hari yang mengingatkan kita semua akan Kartini, sosok wanita yang tangguh dan menginspirasi setiap wanita di Indonesia,memakai kebaya pada hari kartini di kantor menjadi hal yang sangat mengembirakan bagi ibu – ibu semua, karna bisa dijadikan moment untuk mempromosikan Bhineka Tunggal ika dengan keanekaragaman pakaian kebaya yang dipakai dari berbagai daerah.

terlepas dari itu semua diharapkan hari kartini ini bisa mempererat tali silahturahmi antara sesama pegawai yang ada dilingkungan KPU Provinsi Sumatera Selatan (ana)

Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Menyongsong Pilkada Serentak 2018,KPU Prov Sumsel siap meluncurkan sistem informasi aplikasi Pilkada Sumsel atau disingkat "Siap Sumsel".Sistem aplikasi ini berbasis web programing,memiliki  antar muka yang kompatibel dengan tampilan  android dan menggunakan sms gateway. Dalam paparan dihadapan pleno komisioner KPU Prov Sumsel,selasa (18/4) tim I.T KPU Prov Sumsel Alfik Mirza mengatakan tampilan Siap Sumsel yang akan segera diluncurkan menjelang pilkada gubernur/wakil Gubernur Sumsel 2018 ini dengan berbagai fasilitas bisa segera diakses masyarakat diantaranya proses perhitungan cepat pilkada. serentak 2018 di sumsel pilgub/wagub,pilbup/wabup,Pilwako/wako. Masyarakat juga bisa melihat input form C 1 yang dikirim oleh jajaran KPU terhadap hasil pemungutan suara pada harinya.

Dalam ujicoba yang dilaksanakan ditampilkan proses hitung cepatnya dari masing2 petugas di lapangan. Ketua KPU Sumsel H Aspahani mengatakan berharap program ini bisa menjadi pembanding walaupun scan C 1 yang dilaksanakan KPU dan jajaranya menjadi salah satu bukti transparansi yang dilaksanakan KPU Provinsi Sumsel. Komisioner divisi SDM dan Parmas KPU Sumsel Ahmad Naafi mengatakan akan segera mensosialisasikan aplikasi ini kepada 17 kpu kab/kot di Sumsel. Dikatakanya bahwa selain aplikasi perhitungan suara pilkada juga terdapat informasi berita yang membedakanya dengan aplikasi di provinsi lain.Mengenai peluncuranya naafi mengatakan setelah disosialisasikan direncanakan diluncurkan mendekati tahapan Pilkada september 2018."kami masih mengkoneksikan dgn program Aplikasi di KPU RI semoga aplikasi ini bisa bermanfaat dan tidak disalahgunakan,"katanya. (rel/naf)

Published in Program dan Data
Palembang, sumsel.kpu.go.id -  (13/4/2017), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Perencanaan Kebutuhan dan Pengelolaan Logistik Pemilu/Pemilihan serta Penganggaran KPU Tahun 2017 pada hari Kamis 13 April 2017 di Hotel Rio City Palembang. Rakor dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan (H. Aspahani) yang dihadir oleh Anggota KPU Divisi Teknis (Liza Lizuarni), Plt. Sekretaris KPU Provinsi Sumsel (Hj. Haslinda) dan 39 peserta dari 17 Satker KPU Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan dan KPU Provinsi Sumatera Selatan. Sebagai nara sumber dari Sekretariat Jenderal KPU RI Biro Logistik Kabag Distribusi (Drs. Eko Wahyudiono) dan Achmad Andrian. Dalam pembukaan tersebut Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan memberikan wejangan “agar KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota harus melakukan perencanaan kebutuhan logistik secara tepat waktu, tepat jumlah dan tepat jenis, hal ini merupakan usaha mengurangi resiko yang akan dihadapi salah satunya menghadapi kekurangan logistik yang tersedia di masing-masing TPS. Hasil perencanaan harus dilaporkan kepada KPU dan KPU akan membahasnya melalui Rapat Pleno KPU” begitu ucapnya.
Sejalan dengan itu beliau juga memberikan pemahaman bahwa kegiatan perencanaan ini dilakukan demi kebaikan kelembagaan KPU. “Memahami secara keilmuan dan aspek teknis dalam perencanaan logistik yang tepat waktu, tepat jumlah dan tepat jenis  oleh masing-masing pihak baik di sekretariat dan Komisioner sehingga menjadi lembaga yang terpecaya dalam pengelolaan logistik” ujarnya.
Kemudian pada sesion kedua nara sumber (Drs. Eko Wahyudiono) menjelaskan prinsip dasar dalam perencanaan logistik, “yang perlu dan harus menjadi perhatian bahwa dalam menyusun perencanaan adalah harus tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu dan tentunya tujuan akhirnya hemat anggaran” ucapnya.
Selanjutnya pada sesion berikutnya diminta seluruh peserta membentuk kelompok sebanyak 4 kelompok yang membahas terkait dengan kewenangan dalam pengadaan logistik Pemilu Serentak dan rencana pengadaan logistik pemilu serentak. Hasil diskusi kelompok ini dijadikan referensi KPU RI dalam mengambil kebijakan di bidang logistik. (Rel/Rais)
Published in Teknis dan Hupmas
Thursday, 13 April 2017 10:14

KPU Sumsel Pelajari Pilkada DKI

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Kunjungan kerja Komisioner KPU Prov Sumsel ke kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (12/4) memperoleh banyak manfaat.Ketua KPU Prov Sumsel H.Aspahani didampingi anggota Ahmad Naafi dan Alexander Abdullah diterima langsung ketua KPU DKI Jakarta Sumarno diruang kerjanya. Sumarno mengatakan perlu perencanaan matang dalam melaksanakan tahapan berbasis anggaran yang dikonversi dengan kemampuan KPU dalam merangkul berbagai pihak untuk mensukseskan bersama Pilkada DKI 2017.

"intinya ini Pilkada bersama,semua dilibatkan pemangku kepentingan untuk mensukseskanya,"kata Marno sambil mengajak mengunjungi rumah pintar KPU DKI. Sementara itu H.Aspahani mengatakan maksud kunjungan yang terkesan dadakan ini adalah untuk memanfaatkan waktu disela-sela acara pisah sambut pimpinan KPU selain untuk menggali pengalaman KPU DKI dalam melaksanakan tahapan persiapan maupun penyelenggaraan pilkada 2017.

Hal sama dikatakan Ahmad Naafi yang mencatat banyak manfaat yang didapat seperti proses perencaaan anggaran yang tidak ada kendala dengan mempermudah proses penganggaranya oleh DPRD setempat dan pemprov DKI ,persiapan alat peraga sosialisasi dengan desain yang baik yang melibatkan tokoh masyarakat,akademisi,tokoh agama,seniman dan budayawan,dan pelibatan sebesar-besarnya masyarakat sehingga partisipasi diatas 70 persen pada putaran pertama.(rel/naf)

Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Teleconference Launching buku lima tahun kinerja KPU (2012-2017), Senin (10/4/2017) diruang Media Centre KPU Provinsi Sumsel. dihadiri oleh Komisioner KPU Prov Sumsel, Sekretaris KPU Prov sumsel dan diikuti oleh seluruh KPU Provinsi se-Indonesia.

Buku Lima tahun kinerja KPU ini sebagai wujud akuntabilitas dan kerja Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia selama lima tahun, dan buku ini terdiri dari buku penyelenggaraan pemilu legislatif 2014, buku perjalanan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, buku perjalanan Pilkada Serentak tahun 2015 dan 2017, buku inovasi KPU, dan Buku pemilu dalam foto.

 

Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Senin, 10 April 2017 bertempat di ruang rapat KPU Provinsi Sumatera Selatan, Plt. Sekeretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Hj. Haslinda, SE., MM, melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018 dengan jajaran Kabag, Kasubbag dan staf di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan. Hj. Haslinda mengingatkan bahwa tahapan Pilgub 2018 akan berbarengan dengan kegiatan verifikasi partai politik peserta Pemilu Legislatif dan Pemilu Pilpres 2019, untuk itu Hj. Haslinda meminta jajarannya untuk bersiap menghadapi dua even besar tersebut.

Hj. Haslinda juga meminta jajarannya untuk memaksimalkan pegawai yang ada, karena jumlah pegawai yang ada sekarang sudah jauh banyak berkurang dibandingkan dengan pelaksanaan Pilgub 2013. Beliau meminta pegawai di lingkungan Sekretariat KPU Sumatera Selatan untuk menguasai tugas dan fungsinya masing-masing

Selain itu Ibu Hj. Haslinda juga meminta jajarannya untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kantor KPU Provinsi Sumatera Selatan, karena lingkungan yang bersih akan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. (rel/faridl)

Published in Teknis dan Hupmas
Friday, 07 April 2017 10:27

Kunjungan Anggota DPD RI

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Rabu,05/04/2017 Komite IV Anggota DPD RI Siska Marleni melaksanakan kunjungan kerja ke KPU Provinsi Sumatera Selatan, maksud dan tujuan kunjungan Anggota DPD RI tersebut dalam rangka ingin mendapatkan gambaran serta masukan terkait berbagai permasalahan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan pesta Demokrasi di Sumatera Selatan.
Perhelatan pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan secara maraton yaitu Pemilihan Gubernur tahun 2018 dan dilanjutkan Pileg tahun 2019 dan Pilpres serentak tahun 2019, dimana perhelatan pesta Demokrasi di Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa dalam kurun 2014-2019 tetapi sekaligus juga mengandung tantangan yang pastinya tidak mudah dihadapi, tantangan yang dimaksud antara lain regulasi yang berkepastian, kesiapan infrastruktur yang baik, SDM Penyelenggara yang handal, anggaran yang memadai, dukungan Pemerintah baik pusat maupun daerah dan partisipasi masyarakat sebagai pemilih, dimana hasil dari pembahasan Anggota DPD RI dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan tersebut akan dijadikan bahan masukan bagi DPD RI untuk disampaikan ke DPR dan Pemerintah. (ana)
Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Rabu, (05.04.2017) Ruang Auditorium Graha Bina Praja Provinsi Sumatera Selatan Jl. Kapten A.Rivai digelar Rapat Koordinasi Pembahasan Anggaran KPU Provinsi Sumatera Selatan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2018 dalam rangka menindak lanjuti hasil rapat koordinasi TAPD Provinsi Sumatera Selatan  dengan Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 23 Maret 2017 di Ruang Rapat Setda Provinsi Sumatera Selatan.

Rapat Koordinasi Pembahasan Anggaran KPU Provinsi Sumatera Selatan ini dibuka oleh Drs. Joko Imam Sentosa ,MM selaku Setda Provinsi Sumatera Selatan, dan dihadiri juga oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan, KPU Kab/ Kota Se Sumatera Selatan , TAPD Provinsi Sum Sel , Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Tim TAPD Kab/Kota Se Sumsel  dan undangan lainnya

Pointers dalam Rapat Pembahasan Anggaran KPU Sumatera Selatan ini adalah :

1. Membahas usulan anggaran KPU Provinsi Sumsel terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Tahun 2018 yang tahapannya dimulai Tahun anggaran 2017

2. Pembahasan usulan anggaran KPU Provinsi Sumsel agar tidak terjadi duplikasi dengan KPU/Kab kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak Tahun anggaran 2017 dan tahun anggara 2018

3. Bagi 8 (delapan) Kab/Kota yang tidak melasanakan Pilkada Serentak tahun 2018 diminta bantuannya untuk kelancaran pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018  yang antara lain monitoring  Perkembangan Poitik sesuai dengan Permendagri Nomor 61 Tahun 2016

4. Bedasarkan Permendagri Nomor 44 Tahun 2015 bahwa usulan anggaran KPU Dan Bawaslu dibahas bersama melalui TAPD, berdasarkan Keputusan RI Nomor: 88/KPTS/KPU/Tahun 2016 bahwa NPHD dtanda tangani oleh Kepala Daerah dan Ketua KPU/Bawaslu (ana)

Published in Teknis dan Hupmas
Tuesday, 04 April 2017 11:04

KPU Pagaralam Resmi Miliki Rumah Pintar

Pagar Alam, sumsel.kpu.go.id - Selasa, (4/4/2017) diresmikannya  rumah pintar KPU Kota Pagaralam Lampik Empat Merdike Duwe oleh Walikota Pagaralam Ibu Hj Ida Fitriati Basjuni, dalam sambutannya Ibu Walikota menyampaikan rumah pintar pemilu menjadi penting dalam menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum akan hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan, rumah pintar pemilu ini juga diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menterjemahkan nilai-nilai demokrasi yang sesuai khittahnya.
Liza lizuarni, komisioner KPU Prov sumsel mengharapkan rumah pintar ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat  untuk memperoleh informasi tentang kepemiluan, dan bisa mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi.
Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi mengatakan dalam sambutannya bahwa arti rumah pintar lampik empat merdike duwe ini memiliki syarat makna demokrasi tertua di bumi basemah, untuk menghidupkan demokrasi besemah kembali yang telah lama terpendam lebih dari 350 tahun, tujuan di bentuknya rumah pintar ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat baik kualitas maupun kuantitas sebagai pusat informasi pemilu.
peresmian rumah pintar inidihadiri oleh komisioner KPU Provinsi Sumsel, kpu kab kota se sumsel, Sekda Pagaralam, Kapolres Kota Pagaralam, Kajari Kota Pagaralam, forum komunikasi pimpinan daerah kota pagaralam, sekda pagaralam, lembaga adat besemah, jurai jurai tue (keturunan dari empat sumbai dan 4 suku), perguruan tinggi dan BEM sekota pagaralam, perwakilan sekolah sekota pagaralam dan undangan lainnya. (ana)
Published in Teknis dan Hupmas

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech