Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: May 2017
Wednesday, 31 May 2017 14:25

KABINDA Sumsel Kunjungi KPU Sumsel

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Kabinda Sumsel dipimpin Edmil N beserta staf dan anggotanya berkunjung ke KPU Prov Sumsel,Selasa ( 30/5) dalam rangka berkoordinasi persiapan Pilkada serentak 2018.Rombongan diterima ketua KPU Prov Sumsel H.Aspahani didampingi para komisioner. Edmil mengatakan selain untuk berkoordinasi maksud kedatanganya adalah melihat langsung persiapan yang dilakukan KPU Prov Sumsel dan jajaranya dalam pelaksanaan Pilkada.

Ketua KPU Prov Sumsel dalam paparanya mengatakan tahap persiapan yang sudah dilaksanakan antara lain sedang persiapan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan pembahasan anggaran sedang berlangsung dengan tim TAPD. Aspahani mengatakan telah menyusun tahapan persiapan ini dan telah menyampaikanya kepada pemprov Sumsel sejak 2016 lalu."Kita berharap ada keputusan dari pemprov Sumsel terhadap hibah pelaksanaan Pilkada 2018 karena sudah kami sampaikan sejak 2016 lalu,"katanya. Acara diawali dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan diskusi diantaranya perlunya berkoordinasi dengan stake holder.(rel/naf)

Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Potensi pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Gub/Wagub Sumsel 2018 bisa melebihi jumlah paslon yang diajukan oleh partai politik dalam pilkada Sumsel 2018. Ketentuan mensyaratkan bahwa calon perseorangan dengan provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat dalam DPT (daftar pemilih tetap) lebih dari 2 juta s.d 6 juta harus didukung paling sedikit 8,5 persen atau bila provinsi dengan jumlah penduduk lebih 6juta s.d 12 juta harus didukung paling sedikit 7,5 persen."Selain didukung parpol Ada jalur non parpol yaitu calon perseorangan dalam pemilihan gubernur/wakil,bupati/wakil,walikota/wakil.Agar bisa dimanfaatkan secara tepat oleh para bakal calon," kata Aspahani ketua KPU Prov Sumsel kepada media.
Ahmad Naafi komisioner KPU Prov Sumsel menanggapi tahapan pilkada 2018 yang belum dimulai mengatakan secara teknis KPU Prov Sumsel dan jajaran telah siap menyelenggarakan Pilkada serentak 2018 dan telah membahas anggaranya bahkan di beberaps daerah sudah ada penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah(NPHD). Dia berharap proses NPHD tidak berlarut-larut sehingga dapat mempengaruhi proses tahapan Pilkada. Dijelasknya bahwa sesuai draft PKPU tentang tahapan, program dan jadwal bahwa bahwa sosialisasi sudah dapat dilaksanakan 14 juni 2017 mendatang. Mengenai calon perseorangan yang harus lebih dulu mendaftar ke KPU, menurut naafi setelah penetapan rekapitulasi DPT pemilu terakhir sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan paslon perseorsngan sesuai draft PKPU yaitu tgl 13 agustus 2017 mendatang, lalu paslon gub/wagub perseorangan harus menyerahkan syarat dukunganya tgl 13 desember 2017 mendtg yg dilanjutkn dg penelitian jumlah minimal dukungan oleh KPU.
Mengenai syarat calon perseorangan ini sesuai uu 10/2016 provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat di DPT lebih dari 2juta-6juta harus didukung minimal 8.5 persen atau prov dengan jumlah penduduk yang termuat dalam DPT lebih 6 juta -12juta harus didukung paling sedikit 7,5 persen. Tentang kenaikan DPT menurut naafi jelas akan ada kenaikan yang bisa mencapai 1 s.d 1.5 persen pertahun sehingga diperkirakan ada kenaikan mencapai 6 persen setelah pilpres 2014 lalu."KPU menghitung dari DPT pilkada serentak 7 kabupaten 2015 lalu dan untuk 9 kab/kot yang pilkada 2018 dihitung dari pilpres 2014 lalu, "katanya, jadi prediksi untuk pilgub/wagub sumsel 2018 dukungan untuk calon perseorangan 7,5 persen jadi dukungan minimal mencapai 453.305 (rel/naf)

Published in Teknis dan Hupmas
Wednesday, 24 May 2017 15:44

Rakor Verifikasi Parpol

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Rabu (24/5/2017)  KPU Provinsi Sumatera selatan bagian Hukum menggelar Rapat koordinasi dalam rangka persiapan pengaturan dan kebijakan KPU tentang verifikasi Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019 di hotel Emilia Palembang.
Rakor dibuka oleh Ahmad Naafi selaku Komisioner KPU Prov sumsel, dan rakor ini dihadiri oleh Komisioner17 Kab/kota se Sumatera Selatan divisi Hukum. Dalam sambutannya ahmad naafi menyampaikan bahwa tujuan dari penyelenggaraan rakor ini adalah untuk menindaklanjuti Rakor yang telah dilaksanakan KPU RI bersama KPU Provinsi se-Indonesia pada tgl 26-28 April yang lalu di Jakarta dan untuk menyamakan persepsi/pemahaman antara KPU Provinsi, KPU Kab/Kota dan Sekretariat KPU Provinsi serta KPU Kab/kota dalam pelaksanaan kebijakan dan regulasi KPU terkait dengan verifikasi partai politik calon pemilu tahun 2019.
 
Beliau juga menambahkan yang berkenaan dengan penyiapan SIPOL (sistem informasi partai politik) untuk partai politik, maka KPU telah membuat kebijakan yang nantinya akan diatur dalam regulasi antara lain bahwa Aplikasi SIPOL menjadi wajib dipergunakan oleh partai politik dalam pendaftaran peserta pemilu dan memiliki sangsi apabila Partai Politik tidak menggunakan SIPOL, maka partai politik tidak dapat mengajukan pendaftaran ke KPU.
Ditambahkannya bahwa sistem ini belum dapat menjadi mekanisme prosedur yang resmi dalam melakukan verifikasi parpol (partai politik) calon peserta pemilu karena masih menunggu pengesahan RUU Pemilu yang masih menunggu pembahasan di DPR-RI. (ana)

 

Published in Hukum
Monday, 22 May 2017 17:02

Dodi-Beni Dilantik

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Ribuan massa menyaksikan langsung pelantikan Bupati kabupaten Musi Banyuasin H.Dodi Reza Alex dan Wakil Bupati Beni Hernedi yang berlangsung di gedung PSCC Palembang, Senin (22/5). Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin.

Dalam sambutanya H Alex Noerdin mengatakan semua perselisihan dalam pilkada 2017 lalu untuk diakhiri dan mengajak semua pihak bersatu membangun Musi Banyuasin.

Lebih lanjut Alex mengatakan pasangan bupati dan wakil bupati yang baru dilantik untuk berkomitmen membangun Muba dan kepemimpinan terdahulu menjadi refleksi lebih baik kedepan apalagi kewenangan daerah diperbesar terutama yang berkepentingan langsung dengan rakyat.

Lebih jauh dikatakan UU Nomor 32/2004 memberi kewenangan lebih besar sehingga diingatkan untuk mengelola keuangan daerah dengan akuntabel, percepatan pembangunan daerah, menjalin hubungan yang baik dengan kabupaten/kota, merangkul elemen masyarakat, menjalin hubungan sinergis dengan DPRD untuk kemajuan masyarakat. Sebagai mantan Bupati Muba gubernur berharap agar kabupaten Muba bisa semakin maju dengan bupati yang masih muda, enerjik dan memilki jaringan yang luas. Pelantikan juga diisi dengan lagu - lagu perjuangan yang dibawakan Samy Simorangkir.

Gubernur berpesan agar bupati yang dilantik dapat pemimpin yang sukses karena kemampuanya mengambil keputusan yang terbaik ditengah situasi ekonomi yang tidak dalam kondisi yang baik. Pelantikan ini dihadiri pula undangan komisioner KPU Provinsi Sumsel dan Komsioner KPU kab.Musi Banyuasin dan sekretriat. (rel/naf)

Published in Teknis dan Hupmas
Wednesday, 17 May 2017 16:09

Selamat dan Sukses

JAKARTA, sumsel.kpu.go.id - Rabu (17/05/2017), KPU Provinsi Sumatera Selatan mengucapkan Selamat dan sukses atas Pelantikan Kabag Program  Data, Organisasi dan SDM serta Kasubag Program Data  KPU Provinsi Sumatera Selatan Akhmad Zakir, S.Sos,M.Ap  dan Dwi Utami, SE di KPU RI.

Published in Teknis dan Hupmas
Wednesday, 17 May 2017 13:56

Rakor Linmas Menjelang Pilkada Serentak

Published in Teknis dan Hupmas
Published in Teknis dan Hupmas
Published in Teknis dan Hupmas

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Selasa (16/5/2017) dalam rangka memperingati hari kartini, hari pendidikan nasional dan menyambut bulan suci Romadhon 1438 H, DWP Provinsi sumatera selatan mengadakan pertemuan rutin bertempat di gedung Dharma Wanita jl rajawali Palembang, adapun kegiatan dalam acara ini adalah DWP provinsi sumsel bekerja sama dengan Bank sumsel (sebagai CSR), rumah sakit mata prov sumsel dan Disdik kota palembang melaksanakan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis bagi 100 pelajar sekolah dasar di kota palembang, acara dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah prov sumsel, KPU prov sumsel menjadi salah satu peserta dalam kegiatan tersebut, dalam ceramah yang disampaikan  ibu hj, Dewi Motik Beliau menyampaikan masukan untuk para ibu-ibu DWP yg hadir, dimana di zaman globalisasi seperti sekarang  ini wanita tidak hanya menjadi seorang ibu, tetapi harus menjadi seperti kartini, yang mana menjadi ibu pendidik yang harus terus belajar guna mendidik anak-anak menjadi penerus bangsa yang berkualitas dimasa yang akan datang dengan berdasarkan akhlak dan pendidikan yang baik. (ana)

Published in Teknis dan Hupmas
Monday, 15 May 2017 15:32

Rakor terkait Pilkada Sumsel

Palembang, sumsel.kpu.go.id -  15 Mei 2017, Sehubungan dengan Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018, KPU Provinsi Sumatera Selatan dan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan kerja guna berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Selatan.

Aspahani, selaku Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan untuk menyongsong Pilkada 2018 perlu adanya koordinasi antara KPU dan Disdukcapil terkait masalah Data kependudukan  guna mendapatkan daftar pemilih yang sesuai dengan ketentuan dan meminimalisir data ganda dan data – data bermasalah lainnya.(ana)

Published in Teknis dan Hupmas
Page 1 of 2

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech