Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Monday, 10 July 2017

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Guna melaksanakan pendataan pemilih berkala dan berkelanjutan KPU Prov Sumsel menggelar rakor pemutakhiran data pemilih berkelanjutan 2017. Rakor berlangsung di ruang rapat KPU Prov Sumsel, Senin (10/7) ini membahas berbagai proses pemutakhiran data yang bermula akan diterima dari Kemendagri kepada KPU. Ketua KPU Prov Sumsel dalam sambutanya mengatakan salah satu yang sangat diperlukan adalah verifikasi terhadap pemilih yang sulit dijangkau lokasinya sehingga rawan dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab."Pastikan pemilih itu tidak fiktif, pastikan mereka telah terdaftar di dinas capil dan mereka memilki e-KTP karena tidak ada dasar lain mereka untuk memilih," kata Aspahani.

Selain itu, komisioner Divisi Perencanaan dan data heny susantih dalam paparannya mengatakan tahapan pemutakhiran data pemilih ialah Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan, KPU mendapatkan DP4 dari Kementrian Dalam Negeri RI, Pengolahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang dilakukan oleh KPU RI, Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Penyusunan Daftar Pemilih oleh KPU Kab/Kota dan penyampaian kepada PPS, Pemutakhiran dengan melakukan : pencocokan dan penelitian, penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran.

Mengapa pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dirasakan penting ? “ ujar Heny.

“Sumber pemutakhiran data pemilih menggunakan DPT pemilu terakhir, tidak lagi DP4 (UU No. 10 tahun 2016 Pasal 58, ayat 1), Setelah pemungutan suara, KPU Kab/Kota memasukkan data DPTb pada Sidalih guna Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan untuk Pemilihan atau Pemilu berikutnya (PKPU 02 tahun 2017, Pasal 27 ayat 3), Kemajuan teknologi data dan informasi sedemikian pesat, Penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat (pemilih) semakin tinggi, Mobilitas pemilih semakin cepat dan tinggi. “lanjutnya.

Panitia Pelaksana Ahmad Zakir dalam laporanya mengatakan memberikan pembekalan kepada KPU Kab/Kota agar bisa melaksanakan pendataan pemilih berkelanjutan diikuti 34 terdiri dari komisioner yang membidangi divisi data pemilih serta kasubag dan dihadiri pula kepala kantor Capil Provinsi Sumsel, Bawaslu dan Kesbangpol Prov Sumsel. (rel/naf)

Published in Program dan Data

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech