Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: September 2017
PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Sabtu, (30/09/2017), Divisi hukum kpu provinsi sumatera selatan menggelar Bimbingan teknis tata cara pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2019 dengan peserta seluruh sekretariat kpu provinsi sumatera selatan dan kegiatan ini dilaksanakan di hotel Emilia jl. Letkol Iskandar Palembang.
Dalam sambutannya Ahmad Naafi komisioner KPU Provinsi Sumatera selatan berpesan untuk menghadapi pilkada ini komisioner dan sekretariat bersama menyiapkan diri sebaik baiknya dan menjaga kesehatan karena agenda kedepan sangat padat, Beliau mengibaratkan sekarang tidak hanya berjalan tapi berlari untuk mengejar tahapan yang semakin dekat sehingga tahapan tahapan bisa diselesaikan dengan baik.
Dalam bintek ini alexander abdullah selaku komisioner divisi hukum kpu Prov sumsel menyampaikan materi yang berkenaan dengan sosialisasi PKPU nomor 11 tahun 2017 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu Anggota DPR dan DPRD. (ana)
Published in Hukum
Friday, 29 September 2017 15:32

Kunjungan Bujang Gadis Fakultas Hukum UNSRI

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Jum’at 29 Septembet 2017, kunjungan kegiatan Bujang Gadis Fakultas Hukum UNSRI Palembang ke KPU Provinsi Sumatera Selatan diterima oleh Ketua Komisioner Provinsi Sumatera Selatan beserta Anggota.

Acara ini sehubungan dengan kegiatan Pemilihan Bujang Gadis Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Aspahani menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada para mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya tersebut yang mana dengan diadakannya kunjungan ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan tentang kepemiluan , dan diakhir acara, para finalis Bujang Gadis Fakultas Hukum UNSRI ini diajak berkunjung ke Rumah Pintar Sriwijaya.

Dalam acara ini Ahmad Naafi selaku anggota komisioner KPU Sumsel memaparkan tentang tahapan Pilkada dan Pemilu serentak suatu kebijakan populis, dan memberikan pengetahuan kepada para finalis Bujang Gadis Fakultas hukum tentang peraturan no. 7 Tahun 2017 diterbitkan KPU berisi tentang tahapan, program dan jadwal Pemilu 2019 , dimana peraturan ini merupakan payung Hukum bagi Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden yang akan digelar serentak , dan ditambahkan pula mengenai teknis dan tata cara pencoblosan yang benar serta syarat syarat pencoblosan oleh Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan “liza Lizuarni (ana)

Published in Teknis dan Hupmas

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Suvervisi dan Monitoring KPU Prov Sumsel divisi hukum yang dipimpin langsung Komisioner Alexander Abdullah ke KPU Kota Palembang, Rabu (27/9/2017). KPU Provinsi Sumatera Selatan ingin mengetahui kesiapan Kota Palembang dalam penyusunan regulasi dan pedoman teknis dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Palembang Tahun 2018,

Alexander Abdullah mengatakan ingin Menyamakan persepsi dari Pusat, Provinsi sampai Kab/Kota, untuk melihat sampai sejauh mana kesiapan KPU Kota Palembang dalam Persiapan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah dan Pileg serta Pilpres, mengingat pileg dan pilpres ini akan memasuki tahapan selama 18 Bulan, pemungutan suaranya April 2019, kita harus benar-benar fokus terhadap kedua penyelenggaran itu jangan sampai salah satunya terabaikan atau luput dari pelaksanaannya.

“Keputusan apa yang telah dikeluarkan terkait KPU Kota terkait Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Palembang, apakah KPU Kota Palembang telah melakukan MoU dengan pihak-pihak lain seperti Kepolisian, Kejaksaan, SK Tahapan, Program dan Jadwal terkait Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota tahun 2018”. Lanjut Alexander Abdullah

Selain itu alexander Abdullah mengingatkan kepada Divisi yang ada di KPU Kota Palembang sesuai instruksi KPU RI untuk selalu berkoordinasi lebih awal dengan Divisi Hukum terkait SK (surat keputusan) yang akan dikeluarkan, sehingga nantinya diharapkan untuk meminimalisir kesalahan bahkan diharapkan zero (nol).

Menurut Ketua KPU Kota Palembang Syarifuddin, keputusan yang berkaitan dengan anggaran, selain terkait MoU, kami baru beraudiensi dan belum menindaklanjuti, baru bersosialisasi SK tahapan  Pemilihan Kepala Daerah. 

Suvervisi ini dihadiri Komisioner Divisi Hukum Alexander Abdullah, Kasubbag Hukum Akhmad Ferdian, Staf KPU Provinsi Sumsel serta seluruh Komisioner KPU Kota Palembang, dan staf. (ley)

Published in Hukum
Monday, 25 September 2017 09:20

FGD Pembekalan Pembentukan PPK dan PPS

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id – sehubungan dengan akan dilaksanakanya Tahapan Pembentukan PPK dan PPS Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Provinsi Sumatera Selatan, KPU Sumsel Melaksanakan FGD pembekalan ke KPU Kab/Kota se-Sumatera Selatan yang di adakan di Hotel Excelton, Jl Demang Lebar Daun Palembang, Jum’at (22/09/2017).

FGD pembekalan dibuka langsung Ketua KPU Prov Sumsel H. Aspahani dalam pembukaannya sebagaimana telah kita ketahui bersama, di Tahun 2018 Provinsi Sumatera Selatan akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2018, yang tahapannya telah ditetapkan dalam Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadual Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, dimana di salah satu tahapannya berupa pembentukan PPK dan PPS untuk mendukung kegiatan teknis penyelenggara di tingkat Kecamatan dan desa/kelurahan.

“Focus Group Discussion (FGD) Pembekalan Kabupaten/Kota untuk pembentukan PPK dan PPS Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Provinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan hari ini sangat penting dalam menyatukan pemahaman dan pemikiran antara KPU sebagai lembaga pusat dan KPU Provinsi serta Kabupaten/Kota sebagai Satuan Kerja di bawahnya sehingga pelaksanaan seluruh tahapan dapat terlaksana sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku“. ucap H. Aspahani dalam pembukaan FGD pembekalan KPU Kab/Kota se-Sumatera Selatan.

Selanjutnya melalui Focus Group Discussion (FGD) ini KPU Provinsi diharapkan memberikan pembekalan dan pemahaman kepada KPU Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan tentang Pembentukan PPK dan PPS untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak Di Provinsi Sumatera Selatan agar rekrutmen anggota PPK dan PPS benar-benar menghasilkan penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan yang tidak hanya mempunyai standar pengetahuan kepemiluan yang cukup tetapi juga bertanggungjawab penuh atas kemurnian hasil suara, sehingga pelaksanaan Pemilukada Serentak di Sumatera Selatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.”tegas H.Aspahani

Melalui Focus Group Discussion (FGD) Pembekalan Kabupaten/Kota untuk pembentukan PPK dan PPS Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Provinsi Sumatera Selatan KPU Kabupaten/Kota diharapkan dalam proses seleksi penerimaan anggota PPK dan PPS dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian anggota sehingga menghasilkan regenerasi terhadap penyelenggara pemilu tingkat adhoc. KPU Kabupaten/Kota juga diharuskan untuk membuat laporan di setiap tahapan seleksi PPK dan PPS untuk pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018, Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 di Provinsi Sumatera Selatan telah berjalan tepat waktu dan tepat sasaran sesuai dengan jadwal tahapan yang telah ditetapkan dan juga sebagai bahan perbaikan dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak di masa yang akan datang, sehingga KPU dapat terus menjaga integritas dan kredibilitas penyelenggaraan Pemilu yang dapat menghasilkan Pemilu yang berkualitas.” Tegas Ketua KPU Prov Sumsel

FGD tersebut berlangsung hingga Minggu (24/9/2017), yang dihadiri Ketua KPU, Komisioner Divisi SDM dan Parmas serta Sekretaris KPU Kab/Kota se-Sumsel. (emy)

 

 

Published in SDM

Palembang, sumsel.kpu.go.id - jumat, (22/9/2017) KPU Provinsi menerima kunjungan Mahasiswa Sekolah Tinggi Administrasi dan Pemerintahan Annisa Dwi Salfitzi diterima langsung oleh Ketua KPU Prov.Sumsel H. Aspahani beserta 3 komisioner lain nya, Ahmad Naafi, Liza Lizuarni dan Alexander Abdullah sebagai moderator Abdullah Kabag Hukum Teknis dan Hupmas. Dihadiri 25 mahasiswa dan 6 dosen.

Dalam Audensi ini bpk Rizal Fahlevi menawarkan bantuan jalinan kerjasama dalam bentuk apapun kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan dalam mensukseskan Pemilu tahun 2018. Menjelaskan berdiri STIA & P-ADS pada tahun 2004 dan sampai 2017 telah mewisuda 11 kali.

Terkait Paparan ini Ketua KPU Prov.Sumsel memberi tanggapan mengajak mahasiswa aktif untuk ikut mensosialisasikan dan menjadi pemilih cerdas dan berintegritas dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernurtahun 2018. (nanik)

Published in Teknis dan Hupmas

MEDAN, sumsel.kpu.go.id – KPU Republik Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi SIPOL Tipe Pengguna KPU Kepada KPU Provinsi/ KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota di tiga regional, yaitu regional Medan (Hotel Grand Mercure Angkasa) pada tanggal 19 s.d. 21 September 2017, regional Lombok (Hotel Lombok Raya) pada tanggal 24 s.d. 26 September 2017, dan regional Makasar (Hotel Clarion) pada tanggal 29 September s.d. 1 Oktober 2017. Alexander Abdullah (Komisioner Divisi Hukum KPU Sumsel) bersama Akhmad Ferdian (Kasub Hukum  KPU Sumsel) dan Anggie Uli Faradina (staf Hukum) berkesempatan menghadiri kegiatan pelatihan tersebut di regional Medan.

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman, pada pukul 19.30 wib. Dalam pembukaannya, Ketua KPU RI mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi/pemahaman antara KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU/KIP Kabupaten/Kota, Sekretariat Jenderal KPU dan Sekretariat KPU Provinsi/KIP Aceh serta Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan kebijakan dan regulasi KPU terkait dengan verifikasi dan juga untuk meningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam penyelenggaraan Pemilu, khususnya dalam pelaksanaan tahapan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu Tahun 2019.

Materi kegiatan selama pelatihan meliputi :

  1. Kebijakan KPU terhadap Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu;
  2. Pendaftaran Partai Politik, Penelitian Administrasi, Verifikasi Faktual Kepengurusan, Kantor dan Keanggotaan;
  3. Penjelasan Alur Kerja dan Simulasi SIPOL Tipe Pengguna KPU;
  4. Simulasi Penerima Bukti Keanggotaan Partai Politik dan Penelitian Administrasi di KPU Kabupaten/Kota; dan
  5. Simulasi Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai Politik Tingkat Provinsi dan Keanggotaan Partai Politik Tingkat Kabupaten/Kota. (Anggie Uli)
Published in Hukum

Pengumuman Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Sekretasi KPU Prov sumsel) selengkapnya

jadwal Seleksi selengkapnya

Published in SDM

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, KPU Provinsi Sumatera Selatan menerima kunjungan Metro TV, Rabu, (20/09) di ruang Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Kedatangan pihak Metro TV di pimpin oleh Aldi selaku Senior Manager, Media Indonesia yang diterima oleh Komisioner Divisi SDM Dan Parmas KPU Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Naafi didampingi komisioner Divisi Teknis Liza lizuarni, beserta Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya Metro TV menawarkan bentuk kerjasama dan Liputan kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan dalam bentuk Kegiatan Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubrnur Sumatera Selatan Tahun 2018. Kerja sama yang ditawarkan berupa Penayangan Iklan Layanan Masyarakat, Debat Kandidat dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dalam sambutannya Ahmad Naafi menyampaikan Selamat datang di KPU Prov. Sumsel dan permintaan maaf dari Ketua  KPU Prov. Sumsel karena tidak bisa menyambut kunjungan dari pihak Metro TV yang hadir pada hari ini dikarenakan Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan saat ini menghadiri pelantikan Komisioner Bawaslu Provinsi di Jakarta. Sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Sumsel selain Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2018 ada 9 Kab/Kota turut melaksanakan Pilkada.

Salah satu kegiatan Sosialisasi adalah Launching yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2017 di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang dan di harapkan pada Pihak Metro TV dapat melakukan Peliputan sehubungan dengan kegiatan Launching tersebut.

KPU Provinsi Sumatera Selatan memberikan apresiasi kepada pihak Metro TV kerena dalam kegiatan Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan 2018 akan banyak melibatkan media baik itu Cetak, media Elektronik maupun media online. Kerja sama yang baik dapat meningkatkan Partisipasi Pemilih agar pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018 dapat berjalan sukses.  (Meli)

Published in Teknis dan Hupmas
Tuesday, 19 September 2017 12:16

Gambar Berita

Rapat Pleno rutin KPU Provinsi Sumsel, Selasa (19/9/2017)

Published in Teknis dan Hupmas
Monday, 18 September 2017 12:28

Ketua KPU Sumsel Sampaikan Pesan Ketua KPU RI

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - perjalanan pemilu di Indonesia dari waktu ke waktu mengalami peningkatan dari sisi kualitas, ketua KPU RI Arif Budiman menyampaikan setiap penyelenggara pemilu harus bisa mewariskan hal positif kepada generasi yang akan datang.

Apa warisan penting yang bisa kita berikan kepada generasi yang akan datang? Setiap kita harus punya semangat itu. Karena tidak mungkin kita ngurusin pemilu terus menerus, dan ini menentukan perjalanan bangsa ke depan di dalam proses demokrasi dan pemilu," ujar Arief.

Hal itu dikemukakan Arief pada hari ke-3 Rapat Pimpinan KPU RI dengan KPU provinsi/KIP Aceh seluruh Indonesia dengan tema Mewujudkan Pemilihan Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 yang Berkualitas Melalui Konsolidasi Organisasi, 12 - 15 September 2017, di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bagaimana kondisi kita apa yang harus kita buat bersama dalam komitmen dan tujuan-tujuan apa yang akan dicapai. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Sumsel H. Aspahani, Senin (19/9/2017) pada saat menyampaikan hasil rapim di Kupang, NTT

Kata warisan ini menjadi penting, apa yang kita lakukan menjadi hal yang bisa dikenang bisa di ikuti dan dijalankan generesi selanjutnya sepeninggal kita tidak lagi di KPU. Itu amanat yang saya tangkap dan wajib saya sampaikan.“ tegasnya

“Pernyataan itu mendorong untuk KPU daerah melakkukan upaya terbaik yang kita mampu dan kita harus menginventaris supaya kita tidak salah melangkah, kalau semuanya kita ingin capai memang cukup sulit, tetapi kalau kita ingin fokus mudah-mudahan ada yang bisa kita ukir dalam sejarah”. Ujar H. Aspahani

Setiap kita itu membuat mata rantai yang saling menguatkan, dari mulai tingkat KPU Kab/Kota hingga KPU RI mengingat di 2018 171 Daerah Pilkada Serentak di Indonesia dan berdekatan dengan Pileg (pemilihan Legislatif), Pilpres (pemilihan Presiden) yang juga Serentak dilaksanakan di tahun 2019. Di KPU Sumsel saja kita mengandalkan personel yang banyak membutuhkan rencana kerja, kesadaran komitmen dalam hal siapa melakukan apa dan bertanggung jawab dengan siapa. Ujar Ketua KPU Sumsel Aspahani

Hal tersebut disampaikan ketua KPU Sumsel ke anggota KPU sumsel, para Kabag dan Kasubbag serta seluruh pegawai KPU provinsi Sumsel, di Ruang Rapat Lantai I KPU Sumsel. (mely)

Published in Teknis dan Hupmas
Page 1 of 3

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech