Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Wednesday, 11 April 2018

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama KPU Sumsel telah mendeklarasikan laporan harta Kekayaan semua pasangan calon kepala Daerah se Sumsel tingkat kabupaten/kota dan provinsi, Selasa (10/4/2018) di aula sekretariat KPU Sumsel.

Berdasarkan Laporan Hasil Keuangan LHKPN yang dilakukan oleh KPK terhadap semua pasangan calon kepala daerah se Sumsel tersebut, diketahui calon wakil kepala daerah Sumsel Yudha Pratomo memiliki harta kekayaan tertinggi. Senilai Rp 82.260.061.269, sementara calon kepala daerah yang kekayaanya terendah adalah Musbaqo calon wakil wali kota Pagar Alam. Total kekayan Musbaqo tercatat di LHKPN hanya sebesar  Rp 66.360.000.

Sedangkan colon kepala daerah lainnya rata-rata memiliki harta kekayaan belasan -40 miliar rupiah.

Komisiner KPK Basaria Pandjaitan mengatakan, LHKPN ini dalam rangka transparansi apakah benar kekayaan yang dimiliki tersebut sesuai dengan kenyataan atau tidak, sekaligus sebagai alat pengawas bagi diri sendiri. "Kalau hari ini mendaftarkan harta kekayaan misal 10 rupiah, nanti setelah 1 tahun akan dilihat pertanbahannya, wajar atau tidak," kata nya.
Pertambahan bisa saja berasal dari hal yang benar, namun juga ada kemungkinan dari hasil pencucian uang.

"Tapi tidak perlu khawatir, ini adalah pengawasan untuk semua supaya lebih terkontrol," katanya.
Sementara itu Ketua KPU Provinsi Sumsel Aspahani mengatakan, LHKPN ini adalah salah satu syarat bagi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum tahun 2018. 

"Semua calon kepala daerah dan wakil kepala daerah wajib membuat laporan harta kekayaan, ini salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Pilkada berintegritas," singkatnya.

Published in Teknis dan Hupmas

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech