Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Monday, 02 April 2018

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Selatan memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis pada (Bakal Calon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD), terkait Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) pada penelitian administrasi dan verifikasi faktual syarat dukungan calon DPD 2019.

Pelatihan yang dihadiri sekira 73 balon DPD tersebut digelar di auditorium KPU Sumsel, Senin (2/4/2018). Komisioner KPU Sumsel, Sekretaris KPU, Bawaslu dna perwakilan dari partai politik.

Ketua KPU Sumsel Aspahani melalui Komisioner Divisi SDM dan Pertisipasi Masyarakat, Ahmad Naafi mengatakan, melalui aplikasi bakal calon perseorangan DPD dapat mengecek sendiri dan memperbaiki data ke server. Sebelum diserahkan ke panitia pendaftaran DPD di KPU Sumsel. 

Kegiatan Bimtek bagian penting dari tahapan Pemilu 2019 khususnya pendaftaran calon peserta pemilu, dimana dalam pemilu legisltif (pileg) terdiri dari dua kategori, jalur partai politik maupun jalur perseorangan untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). “Dua jenis peserta pemilu ini cara pendaftarannya dilakukan pemeriksaannya sama-sama didukung oleh teknologi. Dan melalui aplikasi SIPPP ini membantu bakal calon bekerja dengan baik dan cermat,” katanya.

Dia melanjutkan  melalui sistem informasi, kerja KPU akan lebih transparan dan akuntable. Melalui kegiatan yang berintegritas akan membuat semua orang percaya terhadap proses pemilu. “Bukan hanya percaya pada hasilnya, tetapi juga percaya pada prosesnya,” katanya.
Dia menambahkan, sesuai keputusan KPU RI nomor : 71/PL/01.03.kpt/02/KPU/II/2018 tentang jumlah penduduk, pemilih kabupaten/kota Provinsi. Sebagai pemenuhan syarat dukungan untuk calon perseorangan Pemilu DPD RI, calon DPD RI jalur perseorangan wajib mengupulkan 3.000 dukungan. Dibuktikan dengan KTP Elektronik. "Harus tersebar paling sedikit di 50 persen wilayah Sumsel atau 9 kabupaten kota," katanya.
KPU Sumsel sengaja menggencarkan sosialisasi DPD ini karena waktu pelaksanaan sudah dekat. Penyerahan berkas dimulai 22-26 April 2018 ini. "Kami harap aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik," katanya.

Hadir juga dalam acara tersebut Komisioner KPU Sumsel Divisi Perencanaan Data Heny Susantih,  komisioner Divisi Hukum Alexander Abdullah, Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Abdullah, Ketua Bawaslu Sumsel Junadi dan steakholder lainnya.

Published in Hukum

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum Sumsel terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada serentak yang akan dihelat 27 Juni 2018 mendatang. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi di tempat-tempat keramaian dan car free day.

Seperti yang dilakukan, Minggu (1/4/2018) anggota KPU Sumsel menggelar sosialisasi di kawasan Jakabaring Sport City. Menggunakan mobil khusus, KPU Sumsel membuka stand, memberi informasi dan mengajak masyarakat untuk berpartispasi pada Pilgub Sumsel, Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.

Pantauan di lapangan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB itu, juga diselingi dengan pembagian marcendise dan kaos terkait ajakan partisipasi pada Pilgub Sumsel.

Tak ayal, masyarakat mulai berkumpul ke tim KPU Sumsel, hal ini dimanfaatkan betul oleh tim dari KPU Sumsel untuk mengingatkan pelaksanaan pilkada dan pentingnya warga mendatangi TPS memilih Gubernur dan Bupati/Walikota.

Ketua KPU Kabupaten Sumsel, Aspahani didampingi Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Abdullah mengatakan, pihaknya sengaja melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan kegiatan car free day dan tempat-tempat keramaian, karena sangat efektif untuk menyampaikan tahapan-tahapan di Pilkada.

"Kita terus melakukan sosialisasi dengan berbagai bentuk dan ke semua lini masyarakat. Salah satunya di tempat keramaian seperti ini. Tujuannya, mengajak masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada serentak  27 Juni 2018 dan Pemilu 2019 nanti " katanya.

Dia menegaskan peran masyarakat sangat besar dalam menyukseskan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 ini. Bukan hanya pada hari pencoblosan saja, termasuk dalam mensosialisasikan pemilihan sejak saat ini.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan, saling mengajak agar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Sumsel berkualitas hingga terpilih pemimpin yang berkualitas juga," katanya.

Ditambahkan, Aspahani, kegiatan sosialisasi semacam ini akan dilakukan di beberapa tempat. Terutama daerah keramaian seperti car free day. "Ini yang Perdana, minggu depan juga digelar di tempat lain seperti di car free day Kambang Iwak dan di mall-mall," tutupnya.

Published in Teknis dan Hupmas

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech