Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Saturday, 12 May 2018
Palembang, sumsel.kpu.go.id - Memasuki babak final pemilihan duta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, para finalis diberi suplemen tentang pendidikan pemilih, langsung di sekretariat KPU Sumsel, Jumat (11/5/2018).
Dalam kesempatan ini Ketua KPU Sumsel H. Aspahani, komisioner divisi teknis Liza Lizuarni dan komisioner divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahamd Naafi menyempatkan diri memberikan materi pada para finalis
Ketua KPU Sumsel H. Aspahani mengatakan pada prinsipnya Duta KPU mesti memiliki pemahaman yang lebih terkait pendidikan pemilih. Mulai dari sosialisasi, proses pemilihan, hingga pasca pemilihan. "Termasuk bila mengetahui terjadi pelanggaran pemilih, sebagai Duta KPU mesti tau apa yang harus di lakukan," katanya.
Kemudian para finalis Duta KPU tersebut dibimbing oleh Komisioner KPU Sumsel Divisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi mengunjungi rumah pintar KPU Sumsel, melihat langsung komponen pemilihan, mulai dari daftar pemilih teknis penginputan data hingga tata cara perhitungan suara. 
Di rumah pintar KPU, finalis Duta KPU juga siduguhi film pendek terkait demokrasi dan pentingnya menyalurkan pilihan sesuai hati nurani. "Pendidikan pemilu ini kami berikan sedetil-detilnya pada finalis, karena mereka akan menjadi perpanjangan tangan KPU di masyarakat," katanya.
Dia melanjutkan, pemilihan Duta KPU Sumsel 2018 sudah masuk babak final, grand final akan sekaligus penobatan Duta KPU akan digelar Ahad, (13/5/2018) di Palembang Icon. "Di babak grand final ini kredibelitas dan pengetahuan finalis tentang pemilu akan diuji, dilanjutkan dengan penobatan Duta KPU," katanya (Mhq/kpu-sumsel/hupmas)
Published in Teknis dan Hupmas
Saturday, 12 May 2018 11:34

Daerah pemilihan sumsel tidak berubah

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Selatan menggelar sosialisasi penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan, untuk Pemilihan Umum 2019 mendatang.


Sosialisasi yang digelar di aula Sekretariat KPU Sumsel, Jumat (12/5/2018) tersebut dihadiri oleh semua komisioner KPU Sumsel, komisioner KPU kabupaten/kota dan perwakilan masing-masing partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2019.


Dalam kata sambutannya, Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan sosialisasi ini menjeleskan ulang apa yang telah diputuskan oleh KPU RI terkait daerah pemilihan di wilayah Sumsel. Mungkin banyak yang bertanya apakah ada perubahan Dapil dari sebelumnya.

"Pada garis besarnya kami nyatakan tidak  berubah dari Pemilu sebelumnya,

Namun ada penyesuaian terhadap daerah-daerah pemekaran yang harus diberi perhitungan yang tepat," jelas Aspahani didampingi

didampingi komisioner KPU Sumsel devisi teknis Liza Lizuarnia, Komisioner Devisi Hukum Alex Abdullah, Komisioner Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naafi, Komisioner Devisi Perencanaan dan Data serta Sekretaris KPU Sumsel Sumarwan.


Dia melanjutkan, Parpol peserta pemilu mesti mulai mempersiapkan bakal calon legislatifnya dan diimbau untuk mempersiapkan lebih banyak bakal calon. Langkah ini untuk mengantisipasi caleg-caleg yang tak lolos masuk daftar calon sementara (DCS).

"Ketika DCS, lalu ada caleg bermasalah, kami memberikan kesempatan kepada parpol buat mengganti sebelum ada DCT (daftar calon tetap). Kita akan sama-sama memproses itu hingga 21 September kita tetapkan data calon tetap yang telah memenuhi syarat yang ditentukan," katanya.

Pada kesempatan itu , komisioner dan sekretaris KPU Sumsel juga menyerahkan kepada masing-masing Parpol,  buku hasil keputusan KPU RI terkait Dapil dan jumlah kursi DPRD Sumsel pada Pemilu 2019.

(Mhq/KPU-Sumsel/Hupmas)

Published in Teknis dan Hupmas

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech