Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Monday, 14 May 2018

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan semakin gencar mengajak pemilih pemula berpartisipasi pada pemilihan kepala daerah serentak 27 Juni 2018 Mendatang. 


Kali ini, Senin (14/5/2018) tim sosialisasi KPU Sumsel memberikan pendidikan pemilih pada ratusan mahasiswa, pelajar dan dosen di universitas Taman Siswa Palembang.


Selaku pemateri, Komisioner KPU Sumsel divisi teknis Liza Lizuarni menyampaikan, dalam pemilihan  gubernur, bupati/wali kota sekarang ini, masyarakat bukan sekedar memiliki hak memilih. Tapi punya tanggang jawab yang besar untuk memilihkan pemimpin terbaik bagi daerah nya.


"Ayo selamatkan Sumatera Selatan, dengan cara menyalurkan hak pilih pada 27 Juni nanti, satu suara sangat berarti demi sumsel lebih baik," katanya didampingi Alex Abdullah komisioner KPU Sumsek divisi hukum.


Jadilah pemilih yang cerdas, karena hanya pemilih yang cerdas akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Untuk menjadi pemilih yang cerdas ada beberapa hal yang harus dilakukan, pahami pentingnya menyalurkan pilihan, kemudian pastikan diri terdaftar sebagai pemilih tetap. Kemudian, kenali calon-calon nya, pilih sesuai hati nurani dan terakhir awasi prosesi pemilihan hingga pasca pemilihan. 


"Ajak sanak keluarga, tetangga dan semua masyarakat menyalurkan hak pilih, Sumsel butuh bantuan kita untuk dipilihkan pemimpin yang terbaik," katanya.


Para peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi. Bahkan saat sesi tanya jawab, pemilih pemula ini terlihat aktif ingin pengetahuan lebih tentang pemilu. Mereka juga dapat menjawab dengan baik semua quiz yang diajukan oleh pemateri.


"Meski sebagai pemilih pemula, ternyata pengetahuan nya tentang pemilu sangat baik. Melihat antusias ini, kami yakin partisipasi pemili di Sumsel akan meningkat," pungkasnya.


(mhq/kpu-sumsel/hupmas

Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Pemilihan Duta KPU Sumsel 2018 usai sudah, Fio Alfarruk dan Evlin Sabrina dinobatkan sebagai Duta KPU Sumsel 2018 -2023 pada  grand final pemilihan Duta KPU yang digelar Komisi Pemilihan Umum Sumsel dan Zetizen, Ahad (13/5/2018) di Palembang Icon.
Ketua KPU Sumsel H.Aspahani diwakili Sekretaris KPU Sumsel H. M.S Sumarwan dalan kata sambutannya mengatakan, pemilihan duta KPU pemilih tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi KPU Sumsel terhadap pemilih pemula. Tindak lanjut dari kegiatan KPU Goes to Campus, KPU Goes to school, KPU Gerbek Kampung dan rangkaian sosialisasi lainnya.

"Melalui Duta KPU ini, diharapkan dapat menekan angka Golput dan meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur 2018 dan Pemilu 2019," katanya.
Sementara itu, komisioner divisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi mengatakan setelah terpilih Duta KPU punya tugas cukup berat. Mereka menjadi sumber informasi bagi masyarakat terkait persoalan pemilih. "Mereka akan menjadi rujukan, tempat masyarakat bertanya dan memberikan solusi bagi masyarakat yang mengalami kesulitan terkait hak dan kewajibannya sebagai pemilih," jelas Ahmad Naafi didampingi komisioner Heny Susantih dan Liza Lizuarni.
Berbekal pengetahuan saat dikarantina, tugas tersebut tidak akan sulit bagi duta KPU. Mereka telah dibekali secara detil seluk beluk pemilu. Tinggal lagi mentransformasi ilmu mereka kepada masyarakat.

"Setelah terpilih,  duta KPU akan dilibatkan pada setiap tahapan dan sosialisasi Pemilu, khususnya untuk para pemula," ungkapnya.
Ahmad Naafi yang juga merupakan salah satu juri dalan pemilihan Duta KPU ini menjelaskan, selain pengetahuan tentang pemilu yang menjadi penilaian utama pada ajang ini, brain, atitude dan action yang mencerminkan generasi muda yang energik dan cerminan penyelenggara pemilu.

"Semua saling melengkapi, brain, action dan atitude mesti dimiliki, karena tugas duta KPU cerminan dari penyelenggara pemilu yang menjalankan amanat bangsa. Mesti memiliki keterampilan, atitude dan kecerdasan untuk menyukseskan pemilu," tutupnya.
Turut hadir dalam grand final duta KPU ini, Runner UP IV putri indonesia Adlina Nadhila Maharani selaku juru sekaligus membacakan pemenang pada ajang ini. Penampilan penyanyi Ray Mbayang, Arnold Leonard dan Evra ikut menambah kemeriahan ajang pemilihan duta KPU tersebur. (Mhq/kpu-sumsel/hupmas)

Published in Teknis dan Hupmas

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech