Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Tuesday, 15 May 2018

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan menggelar bimbingan teknis pelatihan operator (Sisten Perhitungan Suara) untuk KPU kabupaten/kota se Sumsel di hotel 101 Palembang, 14-16 Mei 2017).


Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis, Liza Lizuarni saat membuka Bimtek tersebut mengatakan, aplikasi Situng  merupakan salah satu upaya KPU dalam menyajikan data yang transparansi dan akuntabel kepada publik.

"Dengan aplikasi ini kita berharap Sumsel menjadi salah satu provinsi yang bisa menyelasaikan pengiriman data situng dalam waktu 24 jam sesuai target KPU RI. Kalau bisa, kita menjadi yang tercepat dalam hal ini," tegas Liza.


Menurutnya, keinginan tersebut sangat masuk akal, mengingat Sumsel bukanlah provinsi yang memilik terlalu banyak Kabupaten/kota, jangkauan daerah nya juga tidak terlalu berat.  

Operator yang telah mendapat Bimtek hari ini diharapkan segera mentransformasi ilmunya ke PPK/PPS. 

 

"Upayakan setiap wilayah jangan hanya satu operator Situng, terutama di daerah yang sulit dijangkau. Tempatkan operator minimal berjarak 2 jam perjalanan dari server, agar lebih mudah mengambil tindakan bila terjadi kendala," katanya.


Dia melanjutkan tahun 2018 dan Tahun 2019 merupakan tahun politik bagi bangsa indonesia. Tahun 2018 akan diselenggaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 17 Provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota. Sedangkan di Tahun 2019 akan  diselenggaran Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

"Sumatera Selatan sendiri akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan/atau pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di 9 (sembilan) kabupaten/kota," katanya.

Pemungutan dan penghitungan suara merupakan tahapan puncak dari suatu proses Pemilihan, baik Pilkada maupun Pemilu.  Untuk itu sejak tahun 2015 KPU memperkenalkan Aplikasi Sistem Penghitungan Suara (SITUNG). "Dengan adanya SITUNG ini merupakan wujud dari komitmen KPU untuk menyajikan data secara transparan dan akuntabel kepada publik," katanya.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada Pilkada serentak Tahun 2015, Aplikasi SITUNG sudah mengalami berbagai perubahan. Untuk memudahkan operator SITUNG dalam penggunaannya. 

"KPU Provinsi Sumatera Selatan sebagai penyelenggara Pilkada 2018 di Sumatera Selatan, menganggap perlu melakukan pelatihan atau bimtek lanjutan mengenai penggunaan SITUNG Pilkada 2018 ini.  Agar saat penggunaannya nanti rekan-rekan operator situng di tingkat kabupaten/kota dapat menggunakan aplikasi SITUNG ini secara optimal," katanya.

Sementara itu Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Sumsel, Abdullah mengatakan, dasar hukum kegiatan ini adalah UU nomor 1 tahun 2015, UU nomor 7 tahun 2017 dan PKPU nomor 8 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara.

Peserta merupakan komisioner KPU kabupaten kota, Kasubag teknis, dan operator situng sekretariat KPU Kabupaten/kota. "Melalui kegiatan ini diharapkan menambah pengetehuan, keterampilan dan memberikan pemahaman yang sama pada komisioner, kasubbag teknis dan operator Situng dalam hal penggunaan aplikasi Situng. Sehingga saat pelaksanaan nanti dapat berjakan lancar," katanya. (Mhq/KPU-Sumsel/Hupmas)

Published in Teknis dan Hupmas

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech