Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Wednesday, 16 May 2018

Palembang, sumsel.kpu.id - Hari kedua bimbingan teknis (Bimtek) pelatihan operator Sistem Perhitungan Suara (Situng) KPU Sumsel, para peserta mulai melakukan praktek scane dan input data perhitungan simulasi hasil pemilihan Gubernur Sumsel, Selasa (15/5/2018) di hotel 101 Palembang.


Didampingi oleh pemateri dari Biro Tekmas KPU RI dan Pusilkom Universitas Indonesia, para peserta dikondisikan seakan pencoblosan telah berlangsung dan melakukan perhitungan hasil pemiliham di wilayahnya.


Dengan memegang laptop masing-masing dan contoh kertas formulir C1, melakukan proses  rekapitulasi  hasil pemungutan suara dengan  Situng pindai, rekap, aggregator, web dan entry.


Komisioner KPU Sumsel devisi teknis Liza Lizuarni mengatakan, para operator peserta Bimtek Situng ini ditatar langsung oleh ahlinya, terkait teori dan simulasi aplikasi tersebut.

"Dengan harapan saat pelaksanaan sebenarnya nanti, mereka bisa  sigap dan tau yang harus dilakukan di lapangan nanti," jelas Liza.

 

Dia melanjutakn hasil  Situng ini akan digunakan sebagai data pembanding kepada masyarakat.

Akurasi dari hasil Situng ini diperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan hasil resmi penghitungan suara, katena aumber data yang digunakan Situng adalah formulir C1 yang memuat data-data perhitungan suara riil di tiap TPS.


formulir C1 itu akan di-scan oleh operator dan akan ditampilkan di website dan di-entri datanya. Artinya, data yang muncurl merupakan  data yang ada di TPS. Kendati demikian hasil Situng bukanlah hasil pengehitungan suara resmi dari KPU.


"Ini hanya pembanding, hasil resmi tetap ditentukan berdasarkan penghitungan secara rekapitulasi," katanya
(Mhq/kpu-sumsel/hupmas)

Published in Teknis dan Hupmas

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech