Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Tuesday, 08 May 2018

Palembang, sumsel.kpu.go.id - Biasanya, sosialisasi pemilih gencar menyasar pemilih pemula, namun berbeda yang dilakukan KPU Sumsel kali ini, mereka menyempatkan diri menyambangi kaum lanjut usia mensosilisasikan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018 di Kampung Kapitan, Selasa (8/5/2018).


Kedatangan  Komisioner KPU Sumsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naafi bersama tim sosialisasi pemilih disambut antusias oleh kalangan lansia tersebut.


Semangat mereka menyimak sosialisasi dari KPU Sumsel menunjukkan kalau mereka ingin ambil bagian dalam menentukan arah kepemimpinan Sumsel kedepan. 

"Kami merasa bersyukur, ternyata KPU Sumsel juga perhatian dengan kami pemilih lansia," kata Ning (59) salah satu peserta sosialisasi, terharu.


Dia melanjutkan, proses pemilihan umum bukanlah hal yang baru bagi mereka. Namun di usia yang tidak muda lagi, tidak sedikit diantara lansia yang harus bersusah payah untuk datang ke TPS nanti. "Pada prinsipnya para Lansia sangat ingin berpartisipasi pada pemilihan, mungkin ada yang sakit, susah berjalan atau mata mulai rabun sehingga butuh bantuan datang ke TPS. Kami harap KPU Sumsel selaku penyelenggara dapat memberikan perhatian khusus," katanya.


Sementara itu komisioner KPU Sumsel divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naafi mengatakan, kegiatan sosialisasi untuk Lansia ini bukan hanya mengajak mereka untuk memilih. Melainkan melibatkan para lansia ini menjadi perpanjangan tangab KPU untuk mensosialisasikan pentingnya menyalurkan hak pilih, pada semua masyarakat.

"Hak memilih ini diatur dalam undang-undang, siapapun itu dan bagaimanapun kondisinya, selagi masuk dalam daftar pilih, kami akan memfasilitasi hak mereka untuk menyalurkan pilihan," katanya.


Pada kesempatan itu, Naafi juga menjelaskan tahapan pemilu dan mengenalkan pasangan calon pilkada Sumsel pada peserta sosialisasi.  Dilanjutkan dengan dialog dan quiz berhadiah souvenir dari KPU Sumsel.


Ikut hadir dalam acara tersebut, Camat Seberang Ulu 1, lurah 7 ulu, Babinsa, para tokoh dan tetua masyarakat setempat.


(Mhq/kpu-sumsel/hupmas)

Published in Teknis dan Hupmas

Palembang, sumsel.kpu.go.id- Berkas dukungan bakal calon (balon) anggota DPD Sumsel telah serahkan oleh KPU Sumsel kepada KPU Kabupaten/kota se Sumsel, Selasa (8/5/2018), untuk dilakukan klarifikasi faktual dukungan.


Komisioner KPU Sumsel devisi Hukum Alexander Abdullah mengatakan, sebelumnya panitia telah melakukan pemeriksaan berkas dan penelitan administrasi terhadap 34 bakal calon DPD RI Sumatra Selatan yang telah melengkapi berkas.

 

"Sebelumnya tim pemeriksa dari KPu Sumsel telah  melakukan penelitian administrasi, untuk mencari syarat dukungan yang dinilai perlu diklarifikasi.

Dilanjutkan dengan klarifikasi faktual dengan cara menemukan nama-nama sesuai dokumen dukungan untuk  klarifikasi faktual per nama dan per desa yang akan dilaksanakan mulai 8 sampai 10 Mei  2018," tuturnya.

Bukti dukungan e-KTP yang diserahkan bakal dicek detil secara acak dengan mengambil sampel 10 persen dukungan.

"Jika ditemukan kegandaan, Balon DPD akan mendapat penalti atau pengurangan jumlah dukungan sebesar 50 KTP per tiap satu temuan atau kasus," katanya.

Hasil verifikasi faktual yang menvakup jumlah dukungan, administrasi dan sebaran akan diumumkan pada 11-13 mei 2018. Bagi yang dinilai belum lengkap, diberi kesempatan memperbaiki berkas syarat dukungan 14-20 Mei 2018. "9-11 Juli 2018 baru dibuka pendaftaran bakal calon DPD RI," katanya.

 

(Mhq/kpu-sumsel/Hupmas)

Published in Hukum

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech