Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Super User

Super User

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Sebiduk Semare, sumsel.kpu.go.id - Januari 2018, Salam melayani, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se-Kabupaten Musi Rawas yang dilaksanakan dari tanggal 15-16 Januari 2018 di Gedung Bagasraya.

Acara Bimtek dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas Ach Zaein, SH dan dilakukan penyerahan secara simbolis kelengkapan PPDP. Turut hadir dalam acara tersebut seluruh Anggota KPU Musi Rawas; Efran Eriadi Syahril (Divisi Perencanaan dan Data), Muhammad Hidayat, SH, MH (Divisi Hukum), Dasril Ismail, SE, MM (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat), Supriadi, SP, MM (Divisi Teknis) juga Sekretaris KPU Musi Rawas H. Nailul Azmi, S.Psi, MM dan seluruh Kasubbag serta staf sekretariat KPU Kabupaten Musi Rawas.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas menghadirkan Ketua dan Anggota PPK, Sekretaris dan staf Sekretariat PPK, PPS dan Anggota PPS, Sekretaris dan staf Sekretarist PPS serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dalam acara Bimtek ini.

Bimtek PPDP Kabupaten Musi Rawas turut dihadiri oleh Heny Susantih, S.Pd, M.Si (Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan), sekaligus memberikan materi Bimtek terkait pelaksanaan pemutakhiran data, sebanyak 1000 lebih peserta Bimtek mengikuti acara Bimtek tersebut, peserta termuda dalam acara Bimtek berusia 17 tahun dan tertua berusia 68 Tahun.

Seperti biasa sesi tanya jawab dilakukan dan salah satu peserta menanyakan kenapa masih saja terjadi dilapangan satu keluarga yang masuk dalam satu Kartu Keluarga (KK) tapi berbeda Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan langsung dijawab oleh Heny Susantih, S.Pd, M.Si bahwa itu adalah salah satu tugas yang diamanahkan kepada PPDP agar hal itu tidak terjadi lagi yaitu dengan cara melakukan Coklit dilapangan dengan sebenar-benarnya berdasarkan nomor urut kartu keluarga.

Setelah memberikan materi diacara Bimtek di Kabupaten Musi Rawas Bunda Heny (sapaan akrab Heny Susantih, S.Pd, M.Si) langsung dijemput Ketua KPU Musi Rawas Utara Agus Mariyanto untuk memberikan materi Bimtek PPDP di gedung serba guna Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara.

Acara pembukaan Bimtek PPDP KPU Kabupaten Musi Rawas Utara dilakukan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara Agus Mariyanto, turut hadir semua anggota KPU Kabupaten Musi Rawas Utara; Abdul Halim (Divisi Perencanaan dan Data), Bairizal (Divisi Teknis), Busairi (Divisi Hukum), Netty Herawati (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat) dan semua sekretariat KPU Kabupaten Musi Rawas Utara.

Lain Musi Rawas lain pula Musi Rawas Utara di sini peserta bertanya bagaimana dengan pemilih yang tidak mempunyai KTP/KK namun warga tersebut adalah warga asli di sini, dan bunda Heny pun menjawab bahwa PPDP harus mendata warga tersebut dan koordinasikan dengan Dukcapil setempat.

Keesokan harinya tepatnya tanggal 17 Januari 2018 Komisi Pemilihan Umum Kota Lubuk Linggau melaksanakan Bimtek PPDP di Hotel Abadi Kota Lubuk Linggau.

Dan Bunda Heny pun didaulat untuk memberikan materi Bimtek diacara tersebut, acara bimtek dibuka oleh Efrizal, S.Ag dan dihadiri oleh anggota komisioner KPU Kota Lubuk lInggau Lainnya; Lukman Hakim, SH (Divisi Hukum), F Gatot Wijayanto (Divisi Teknis), Deby Aryanto (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat)

Benar ujar pepatah lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, lain hal yang ditanyakan di KPU Mura dan Muratara lain pula yang ditanyakan di Lubuk Linggau. Salah satu peserta menanyakan dasar hukum pembayaran honor PPDP dan hal ini dijawab oleh Komisioner KPU Kota Lubuk Linggau Efrizal, S.Ag bahwa terkait dengan pembayaran honor PPDP adalah domain teman teman di Sekretariat namun perlu digaris bawahin bahwa penganggaran Pilkada ini telah diatur oleh Undang-Undang dan tentunya teman teman Sekretariat KPU Kota Lubuk Linggau telah melaksanakan itu dan tidak keluar dari Keputusan KPU No. 40 dan 41 Tahun 2017 yang telah diperbaharui dengan Keputusan KPU RI Nomor 80 dan 81 Tahun 2017.

 

 

 

 

 

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id -Setelah Peluncuran Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) yang diresmikan oleh KPU RI pada tanggal 5 Januari 2018 dan Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 yang dilaksanakan pada 171 daerah yang terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten dengan salah satu tahapannya adalah penyusunan daftar pemilih. Maka untuk memastikan daftar pemilih tersusun dengan baik, Komisi Pemilihan Umum akan melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitian (COKLIT).

Dalam upaya peningkatan kualitas daftar pemilih yang salah satunya ditentukan oleh kualitas proses dan hasil coklit, maka KPU Provinsi Sumatera Selatan siap untuk turut menyukseskan Gerakan Coklit Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2018. Beberapa persiapan sudah dilakukan secara matang guna menyongsong Gerakan Coklit Serentak, mulai dari Proses edit a.kwk (Daftar Pemilih yang akan dicoklit), Bimbingan Teknis kepada Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP yang dilaksanakan oleh 17 KPU Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Selatan, Distribusi kelengkapan COKLIT dan kelengkapan PPDP dan juga 5 Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan akan mencoklit ke beberapa Kabupaten/Kota dimana setiap komisoner mendatangi minimal 5 rumah. Ketua KPU Provinsi Bapak Aspahani akan turun mencoklit di Kabupaten Muara Enim, Anggota KPU Divisi Perencanaan dan Data Ibu Heny Susantih akan turun mencoklit di Kota Palembang, Anggota KPU Divisi Teknis Ibu Liza lizuarni akan turun mencoklit di Kota Prabumulih, Anggota KPU Divisi Hukum Bapak Alexander Abdullah akan turun mencoklit ke Kota Pagar Alam, dan Anggota KPU Divisi Parmas dan SDM Bapak A.Naafi akan turun mencoklit ke Kabupaten Ogan Ilir. Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan akan mencoklit Opinion Leader yang ada di wilayahnya masing-masing, terdiri dari : Pemimpin Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Akademisi dan lain-lain.

Selain itu, KPU Provinsi Sumatera Selatan juga mensosialisasikan Gerakan Coklit Serentak melalui media massa, Baliho, dan sosial media. Selain sebagai ajang peningkatan partisipasi masyarakat sosialisasi ini juga bertujuan agar masyarakat luas semakin tergerak untuk mulai mengecek kelengkapan adminsitrasi Kependudukan yang mana sebagai salah satu syarat untuk terdaftar sebagai pemilih. Selaras dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan, 17 KPU Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan juga ikut menyukseskan dan mensosialisasikan Gerakan Coklit Serentak melalui Media Massa, Baliho dan Sosial Media. Serta Komisioner di 17 Kabupaten/Kota juga pada hari yang sama secara serentak ikut melaksanakan proses COKLIT. (Diana)

Formulir dukungan Perseorangan Calon peserta Pemilu Anggota DPD klik disini

Penerimaan Tenaga Pendukung KPU Prov Sumsel klik disini

Berita Acara hasil penelitian persyaratan administrasi dokumen persyaratan Pencalonan dan persyaratan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018.

Bakal Calon Gubernur Ishak Mekki dan Bakal Calon wakil Gubernur Yudha Pratomo selengkapnya

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bakal calon Gubernur Herman Deru dan Bakal calon Wakil Gubernur Mawardi Yahya selengkapnya

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bakal calon Gubernur Dodi Reza Alex Noerdin dan Bakal calon Wakil Gubernur H.M. Giri Ramanda N Kiemas selengkapnya 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bakal calon Gubernur H. Saifudin Aswari Riva'i dan Bakal calon Wakil Gubernur HM. Irwansyah selengkapanya

 

Pengumuman Masukan dan Tanggapan bagi bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel klik disini 

Bakal Calon Gubernur Ishak Mekki selengkapnya

Bakal Calon wakil Gubernur Yudha Pratomo selengkapnya

-----------------------------------------------------------------------------------------

Bakal calon Gubernur Herman Deru selengkapnya

Bakal calon Wakil Gubernur Mawardi Yahya selengkapnya

----------------------------------------------------------------------------------------

Bakal calon Gubernur Dodi Reza Alex Noerdin selengkapnya

Bakal calon Wakil Gubernur H.M. Giri Ramanda N Kiemas selengkapnya

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bakal calon Gubernur H. Saifudin Aswari Riva'i selengkapnya

Bakal calon Wakil Gubernur HM. Irwansyah selengkapnya

Pemeriksaan kesehatan Jasmani bagi bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Wali Kota akan dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 14 Januari 2018 selengkapnya

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Memasuki hari terakhir Rabu (10/1/2018) pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018,  KPU Prov Sumsel menerima berkas bakal calon Gubernur Dodi Reza Alex Noerdin, bakal calon Wakil Gubernur HM Giri Ramanda N Kiemas dan bakal calon Gubernur H. Saifudin Aswari Rivai, bakal calon Wakil Gubernur HM. Irwansyah.

Dodi Reza Alex Noerdin dan HM Giri Ramanda N Kiemas mendaftar ke KPU Prov Sumsel pada pukul 13.00 WIB, selanjutnya pada pukul 15.00 WIB bakal calon H. Saifudin Aswari Rivai dan HM. Irwansyah.

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech