Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: January 2017

Jakarta, kpu.go.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Juri Ardiantoro mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri di Hotel Bidakara Jakarta Selasa (31/1).

Juri mengatakan salah satu poin yang menjadi konsen penyelenggara adalah bagaimana kita bisa menekan/mencegah potensi konflik yang terjadi di daerah-daerah yang menyelenggarakan pilkada.

Mengacu pada pilkada serentak tahun 2015, pilkada berjalan dengan lancar, namun masih ada daerah yang menyelenggarakannya tidak serentak tahun 2015, kami berharap pilkada tahun 2017 berlangsung secara serentak.  

Sampai hari ini berdasarkan monitoring dan laporan teman-teman di daerah, potensi untuk adanya ketidak serentak itu belum kelihatan, kita optimis pilkada 2017 akan berlansung serentak di 101 daerah.

Selain itu pilkada tahun 2015 yang lalu dinilai ada kecendrungan partisipasi menurun, baik partisipasi kepesertaaan pilkada maupun pemilih, rata-rata jumlah pasangan calon di pilkada serentak tahun 2015 paling banyak 3 sampai 4 pasangan calon, bahkan lebih banyak yang 2 pasangan calon, dan ada 3 daerah yang pasangan calonnya tunggal di 2015.

Sedangkan pilkada tahun 2017 kepesertaan pasangan calon lebih menurun sebagian besar pasangan calon jumlahnya antara 2 sampai 3 pasangan calon, sedangkan tahun 2017 untuk jumlah pasangan calon tunggalnya bertambah, kalau 2015 ada 3 calon tunggal, tahun 2017 setidaknya sampai hari ini ada 9 daerah yang pasangan calonnya tunggal atau 1 pasangan saja.ujar juri.

Pada kesempatan yang sama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan Pilkada Serentak 2017 sudah siap dilaksanakan.  Dirinya berharap, pelaksananan Pilkada Serentak 2017 berjalam baik jika dibandingkan 2015 lalu. Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2015  mencapai 70 persen. Tjahjo mentargetkan pertisipasi Pilkada.2017 dapat meningkat hingga 80 persen.

Sementara itu, Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, mengatakan TNI menyatakan siap membantu pengamanan Pilkada Serentak 2017. "Berapapun jumlahnya akan kami bantu. Kami pun sudah siapkan cadangan tergantung daerah masing-masing" kata Gatot.

Sedangkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengingatkan, ada delapan pihak yang menjadi tolok ukur keberhasilan Pilkada Serentak 2017. Mereka adalah KPU, Bawaslu, paslon dan pendukung paslon, pemerintah, aparat keamanan, media, masyarakat dan pengawas independen. Semua pihak diminta meningkatkan koordinasi hingga proses pilkada selesai.

Rakornas yang dijadwalkan sehari dihadiri pula para anggota (KPU) RI, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP), dan para peserta yang terdiri dari jajaran anggota KPU, Bawaslu Provinsi dan KPU Kab/Kota,  yang akan meneyelenggarakan pilkada di 101 daerah serta jajaran TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Kejaksaan Agung. (dosen/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)  

Published in Teknis dan Hupmas
Monday, 30 January 2017 19:50

Pelantikan Kepala Biro Umum Setjen KPU RI

Jakarta, kpu.go.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arif Rahman Hakim melantik Kepala Biro (Karo) Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) KPU RI, Emil Satria Tarigan. Emil menggantikan Karo Umum Setjen KPU RI, Emma Nurochma, yang purna tugas pada awal Januari lalu. (TEKS/rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
Published in SDM
Monday, 30 January 2017 18:57

KPU RI Terima Integritas Award 2016

Jakarta, kpu.go.id - Atas prestasi dan dedikasi yang ditorehkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam bidang demokrasi dan kepemiluan, Majalah Integritas memberikan penghargaan bertajuk Integritas Award 2016, Senin (30/1).
 
Penghargaan yang diterima oleh KPU RI itu berdasarkan kajian/analisa yang diputuskan dalam rapat redaksi khusus. Dari penilaian yang telah dilakukan, akhirnya menghasilkan 10 tokoh perorangan serta 10 lembaga/perusahaan penerima Integritas Award 2016. 
 
Penghargaan itu menempatkan KPU sebagai lembaga yang berintegritas, sejajar dengan Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemberantasan Korupsi dan 7 lembaga lainnya.
 
Daftar penerima Integritas Award 2016 antara lain:
 
Tokoh Perorangan
  • Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono  ( Presiden Ke-6 / Pendiri Partai Demokrat);
  • DR. Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI);
  • Prof.Dr. Muhammad Hatta Ali, SH.MH (Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia);
  • HM.Prasetyo SH (Jaksa Agung Republik Indonesia);
  • Jenderal Polisi Drs.Tito Karnavian, MA.PhD  (Kepala Kepolisian Republik Indonesia);
  • Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia);
  • Ir. Basuki T Purnama. MM  (Gubernur DKI Jakarta);
  • Komisaris Jenderal Polisi Drs. Budi Waseso ( Kepala BNN);
  • Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo (Kepala BASARNAS);
  • DR.Prasetio (Presiden Direktur PT.Peruri).
 
Lembaga
  • Mahkamah Konstitusi (MK)
  • Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
  • Komisi Pemilihan Umum (KPU)
  • Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) 
  • Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
  • Bank Mandiri
  • Perusahaan Listrik Negara (PLN)
  • Telekomunikasi Indonesia
  • Bursa Efek Indonesia
  • Blue Bird
Berita selengkapnya dapat diikuti melalui tautan berikut: klik di sini (rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
Published in Hukum

Tebing Tinggi,kpu.go.id- Pemahaman masyarakat yang menilai bahwa Pemilihan Kepala Daerah dengan satu Pasangan Calon (Paslon)  tidak memenuhi  aspirasi mereka, padahal pada kenyataanya pemilihan dengan satu Paslon masih punya alternatif lain dalam pelaksanaannya, Minggu (29/1).

“Masyarakat perlu datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memahami bahwa dengan pemilihan satu Paslon mereka juga masih mempunya alternatif pilihan, yakni memilih dan tidak memilih,” terang Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hadar Nafis Gumay.

Hadar mengungkapkan, jika pada tanggal 15 Februari mendatang diperoleh suara terbanyak adalah Paslon, maka Paslon tersebut akan memimpin kota Tebing Tinggi selama 5 Tahun mendatang, namun jika yang memperoleh suara terbanyak adalah kotak kosong maka akan dilakukan pemilihan ulang pada tahun 2018.

Selain Kota Tebing Tinggi, masih ada 8 daerah lagi yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada tanggal 15 Februari 2017 dengan satu pasangan calon, kondisi ini memang tidak biasa, namun pelaksanaannya sudah diatur dalam peraturan .

Hadar kembali mengingatkan, bahwa pemilih yang datang ke TPS bisa menentukan pilihannya dengan mencoblos gambar Paslon apabila setuju, dan mencoblos kotak kosong apabila tidak setuju. “Jangan salah sangka, apabila pasangan calon tidak sesuai dengan pilihannya bukan berarti masyarakat tidak datang ke TPS,” terang Hadar.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Daerah Calon Tunggal di Kota Tebing Tinggi dihadiri oleh seluruh Panitia Pemungutani tingkat Kecamatan (PPK) dari 5 kecamatan serta anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan, selain itu tampak Kepala  Polisi Resort (Kapolres)  Kota Tebing Tinggi, Komendan Distrik Militer (Dandim) dan seluruh anggota KPU Provinsi Sumatera Utara.

Hadirnya simulasi ini diharapkan membuka wawasan baru bagi masyarakat maupun penyelenggara terhadap proses demokrasi dengan calon tunggal,  oleh karenanya menjadi kewajiban bagi KPU daerah yang menyelenggarakan untuk dapat mensosialisasikan proses pemungutan tersebut. (ajg/dam/red. FOTO KPU/dam/Humas)

Published in Hukum
Thursday, 26 January 2017 17:34

Pejabat Struktural Harus Bisa Menjadi Contoh

Jakarta, kpu.go.id – Pejabat struktural di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus lebih cermat dalam bekerja dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Selain itu, pejabat struktural tersebut harus bisa menjadi contoh yang baik bagi stafnya.

Harapannya, ke depan tidak ada lagi pejabat dan staf yang tesangkut permasalahan hukum dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada. Semua harus bisa melaksanakan program kerja yang telah disusun dengan mengacu pada tugas dan kewenangannya, serta bekerja secara disiplin di lingkungan kerja masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Arif Rahman Hakim saat melantik pejabat struktural di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) KPU RI dan Sekretariat KPU Kabupaten di Sumatera Selatan, Kamis (26/01) di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI.

“Saya berharap pejabat struktural yang baru saja dilantik ini dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai sumpah/janji. Pelantikan ini agak berbeda, karena biasanya pelantikan dilakukan di Sekretariat KPU Provinsi, namun karena belum ada Sekretaris KPU Provinsi Sumsel yang difinitif, maka pelantikan dilakukan di Setjen KPU RI,” tutur Arif usai pelantikan.

Arif juga menekankan pentingnya mengatur jam kerja secara efektif dan efisien, karena tuntutan pekerjaan di KPU yang tinggi, maka semua harus bisa bekerja melebihi waktu normal. Semua harus bisa bekerja secara teamwork, karena kita melaksanakan misi KPU dalam menyelenggarakan pemilu dan pemilihan.

“Kita juga sedang melaksanakan reformasi birokrasi, untuk itu kita harus melakukan inovasi-inovasi dan pelayanan sebaik mungkin kepada stakeholder KPU,” pungkas Arif dalam memberikan pengarahan.

Pejabat struktural yang dilantik untuk Setjen KPU RI adalah Daryatun sebagai Kepala Bagian Advokasi dan Penyelesaian Sengketa Hukum, kemudian untuk Sekretariat KPU Kabupaten di Sumsel adalah Raswan Ansori sebagai Sekretaris KPU Lahat, Chandra Martha sebagai Kepala Sub bagian (Kasubbag) Program dan Data KPU Ogan Komering Ilir, Syaifudin Ardian sebagai Kasubbag Program dan Data KPU Ogan Komering Ulu, Aidilsyah Putra sebagai Kasubbag Hukum KPU Ogan Komering Ulu, Andri Bastian sebagai Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Ogan Komering Ulu, dan Yusnan sebagai Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Musi Banyuasin. (Arf/red. FOTO: Arf/HUMAS KPU)

Published in SDM

Sekayu – KPU Musi Banyuasin mengundang seluruh Kepala Sekolah dan Guru PPKN tingkat SMA/MA/SMK di Kabupaten Musi Banyuasin dalam Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula Bagi Kepala Sekolah & Guru. Acara ini diadakan di Hotel Ranggonang Sekayu pada hari Kamis 19 Januari 2017.

Sebagai Moderator adalah Pratama (Komisioner Divisi Hukum KPU Musi Banyuasin), sebagai Keynote Speaker adalah H.A. Firdaus Marvel’s (Ketua KPU Musi Banyuasin), sebagai Narasumber adalah Ahmad Naafi (Komisioner Divisi SDM & Parmas KPU Provinsi Sumatera Selatan); H.M. Soleh Naim (Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Musi Banyuasin); serta Maryani (Komisioner Divisi Data & Perencanaan KPU Musi Banyuasin).

Published in Teknis dan Hupmas

Rapat, bagian Teknis Hupmas, terkait kegiatan 2017, Rabu (18/1)

Published in Teknis dan Hupmas

Demo terkait pelaksanaan tahapan seleksi Sekretaris KPU Prov Sumsel, Rabu (18/1)

Published in SDM
Wednesday, 18 January 2017 07:00

Uji Coba Situng & Ruang Operasional KPU

Jakarta, kpu.go.id – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hadar Nafis Gumay (kiri) dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah (kanan) mengamati aplikasi penghitungan suara hasil Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2017 di ruang operasional KPU RI, lantai 2, Jalan Imam Bonjol Nomor 29 Jakarta, Rabu (18/01). (TEKS/dosen/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
 
Published in Program dan Data
Tuesday, 17 January 2017 19:23

Debat, untuk membuka wawasan Masyarakat Muba

kpud-sumselprov.go.id – Debat terbuka yang dilaksanakan KPU Kab Musi Banyuasin menghadirkan panelis yang telah berkecimpung lama dibidangnya, Prof Didik Susetyo Pakar bidang ekonomi studi pembangunan, Drs.  Djoko Siswanto, M.Si pakar bidang politik dan pemerintahan, DR. Febrian pakar bidang hukum, selain itu debat terbuka ini dipandu oleh moderator yang juga telah lama berkecimpung dibidang ilmu pemerintahan, politik Dr. Ardiyan Saptawan, M.Si.

Published in Teknis dan Hupmas
Page 1 of 2

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Telp/Fax : (0711) 514435

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech