Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Items filtered by date: Sunday, 10 September 2017

PALEMBANG, sumsel.kpu.go.id - Rapat Pleno terbuka KPU Provinsi Sumsel penetapan Rekapitulasi DPT (daftar pemilih tetap) pemilu/pemilihan terakhir sebagai dasar penghitungan jumlah minimal dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Sumatera selatan tahun 2018. bertempat di ruang rapat KPU Prov sumsel, Minggu (10/9/2017).

berdasarkan SK (Surat Keputusan) yang dilakukan KPU Kab/Kota se-Sumatera Selatan, akan ditetapkan minimal dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018.

- Berdasarkan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 (Kota Prabumulih, Kab Muara enim, Kab OKI, Kab Lahat, Kota Pagar Alam, Kab Banyuasin, Kab Empat Lawang, Kota Lubuk Linggau, dan Kota Palembang)

- Berdasarkan Pemilihan Kepala Daerah 2015 (Kab OI, Kab PALI, Kab Musi Rawas, Kab Musi Rawas Utara, Kab OKU, Kab OKUT, Kab OKUS)

- Berdasarkan Pemilihan Kepala Daerah 2017 (Kab Musi Banyuasin)

Rapat Pleno tersebut dihadiri Ketua KPU Prov sumsel Aspahani dan Komisioner KPU Prov Sumsel Ahmad Naafi, Alexander Abdullah, Liza Lizuarni, Heni Susantih, PLT. Sekretaris KPU Prov Sumsel, Kabag dan Kasubbag serta Wartawan media cetak/online dan elektronik. (emy)

 

 

Published in Teknis dan Hupmas

Pagar Alam, sumsel.kpu.go.id - Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada 2018, Sinkronisasi Tahapan dan Anggaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Provinsi Sumatera Selatan pada hari kedua ini (Kamis, 7 September 2017) diisi dengan kegiatan pembahasan dari masing-masing divisi. Dalam kesempatan ini, kelompok empat (4) membahasan tentang divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat. 

Pembahasan divisi SDM dan Parmas ini dikoordinatori oleh Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Sumsel, Ahmad Naafi, dengan ketua tim Abdul Karim ( Palembang), sekretaris tim Endang Sutrisni (Empat Lawang).

Kesimpulan yang ditarik oleh kelompok pembahasan divisi SDM dan Parmas ini, Sosialisasi Pendidikan Pemilih Yang Kreatif dan Inovatif :

- žKursus kepemiluan bagi pemilih pemula

- žOptimalisasi Rumah Pintar Pemilu

ž- Sosialisasi melalui seni dan budaya

ž- Mengembangkan dan menindaklanjuti hasil riset yang sudah ada dalam sebuah kegiatan

ž- Menggunakan sistem informasi peningkatan partisipasi masyarakat (SIPARMAS)

- žRPP Mobile

ž- menjadikan muatan lokal dalam materi pendidikan

ž- KPU Branding (KPU branding program dan segmen) --> meningkatakn sense of belonging terhadap program KPU --> "VISIT KPU“

- žmenjadikan hari tertentu sebagai hari kunjungan ke RPP ( RPP Day) untuk diskusi, kursus dll misal di hari Rabu setiap RPP harus ada kunjungan

Media Sosial :

žFacebook

žžTwitter

žžInstagram

Mengkreasi permainan yang sudah ada di masyarakat menjadi alat peraga sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Era Minerial :

- žMembuat akun khusus atau sms broadcast

ž- Kelompok yang mengarah pada kelompok IT, komunitas muda yang sudah ada

ž- Menyasar kaum melek gadget

ž- Konversi seluruh data dalam bentuk digital

ž- Helpdesk/customer service RPP virtual

Kemitraan :

- žDinas Pendidikan

ž- PKK

ž- Organisasi keagamaan (NU, Muhammadiyah, dewan masjid)

ž- Sosialisasi melalui mobil pintar (kerja sama dengan Kominfo)

ž- Koperasi

ž- Perbankan (Bank memberikan manfaat berupa barang sebagai timbal balik pengelolaan dana hibah)

ž- Radio amatir

ž- Parpol

ž- Sosialisasi dengan disabilitas

- Kerja sama dengan Perguruan Tinggi

Kegiatan Berbiaya Murah :

ž- Pembina upacara

ž- Kerjasama dengan Pemda setempat untuk melaksanakan rakor

- žPenyebaran brosur ditempat-tempat tertentu (pasar, kalangan pekan) serta memberikan doorprize

- žGerakan menulis surat dari siswa kepada orang tua untuk memilih pemimpin daerah tanggal 27 Juni 2018

- žMemanfaatkan momentum hari besar (agama, sosial dan kenegaraan)

- žCohosting materi sosialisasi di combine dengan mitra, misal dengan penyuluh KB atau penyuluh pertanian

- žInsentif pada keluarga yang taat pada pemilu --> award dari KPU kepada keluarga.

Published in SDM

Pagar Alam, sumsel.kpu.go.id - Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada 2018, Sinkronisasi Tahapan dan Anggaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Provinsi Sumatera Selatan pada hari kedua ini (Kamis, 7 September 2017) diisi dengan kegiatan pembahasan dari masing-masing divisi. Dalam kesempatan ini, kegiatan dibagi dalam 2 sesi, yaitu pembahasan tentang penyusunan produk hukum dan advokasi hukum dan pembahasan tentang sistem informasi partai politik (SIPOL) pada sesi kedua. 

Pembahasan divisi hukum ini dikoordinatori oleh Komisioner Divisi Hukum KPU Sumsel, Alexander Abdullah, dengan ketua tim oleh Sirrajudin (KPU Kota Prabumulih), sekretaris tim oleh Devi Yulianti (KPU Kota Palembang) dan juru bicara tim oleh Pratama (KPU Kab. MUBA)

Kesimpulan yang ditarik oleh kelompok pembahasan divisi hukum ini : segera diadakan MoU antara KPU Sumsel dengan Kejaksaan Tinggi dan Polda sehingga KPU Kab/Kota dapat meneruskan MoU tersebut  dengan Kejaksaan Negeri dan Polres, KPU Sumsel segera melakukan konsultasi dengan Biro Hukum dan LPSE KPU RI terkait dengan pengadaan advokasi litigasi dan non litigasi serta konsultasi terkait MoU dengan Jaksa Pengacara Negara; KPU Sumsel mengadakan bimtek legal drafting untuk KPU Kab/Kota sehingga ada keseragaman dalam pembuatan putusan dan produk hukum lainnya; bahwa akan diadakan bimtek SIPOL di Medan yang akan melibatkan Divisi Hukum Provinsi dan Divisi Hukum Kab/Kota beserta operator, dan anggaran belanja modal SIPOL ditunda berdasarkan hasil RDP (Rapat Dengar Pendapat) KPU RI dengan DPR RI, anggaran tersebut akan dipindahkan ke anggaran honorarium petugas verifikasi faktual terkait metode verifikasi faktual menggunakan metode sensus. (Anggie Uli)

Published in Hukum

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan

Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang

Photo Gallery

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech